Pengaruh pengungkapan tanggung jawab social perusahaan terhadapnilai perusahaan dengan kepemilikan manajerial sebagai variabel moderasi pada perusahaan tambang
P enelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap nilai perusahaan dengankepemilikan manajerial sebagai variabel moderasi pada perusahaan tambang yang ada di Bursa Efek Indonesia. Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan tambang yang ada di bursa efek selama tahun 2013-2015. Sampel yang digunakan sebanyak 13 perusahaan dengan menggunakan metode purposive sampling. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dengan cara mengumpulkan data-data laporan keuangan yang ada di bursa efek Indonesia dengan kriteria yang ada. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif dan model penelitian yang digunakan adalah multiple regression. Hasil dari penelitian ini membuktikan dan menyimpulkan bahwa: (1) tanggung jawab sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, (2) kepemilikan manajerial berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, serta (3) kepemilikan manajerial tidak memperkuat hubungan antara tanggung jawab sosial dan nilai perusahaan
T he objective of the empirical study is to examine and to analyze the effect of disclosure of corporate social responsibility to corporate value with managerial ownership as moderating variabel on mining companies. The population of this empirical study are the mining companies that listed in Bursa Efek Indonesia on 2013-2015. The sample of this empirical study are 13 companies using purposive sampling method. The primary data was obtained from pairing data in Bursa Efek Indonesia with the existed criterion. This descriptive research, with multiple regression as the model analysis method.The result of this study prove and conclude that: (1) corporate social responsibility positive and significant impact on corporate value, (2) manajerial ownership positive and significant impact on corporate value, and (3) manajerial ownership does not strengthen the relationship between corporate social responsibility with corporate value