Pengaruh profitabilitas, leverage, likuiditas, dan ukuran perusahaan terhadap corporate social responsibility pada perusahaan manufaktur di Indonesia
S aat ini, ada perubahan dalam perilaku perusahaan dalam hal membuat keuntungan jangka panjang. Perusahaan tidak hanya memikirkan keuntungan dirinya sendiri, tetapi juga melindungi atau membangun image yang baik dalam masyarakat. Di Indonesia pemerintah menyadari tentang betapa pentingnya untuk melindungi lingkungan. Pemerintah harus melindungi lingkungan karena saat ini ada banyak kerusakan lingkungan yang terjadi karena kelalaian perusahaan, oleh karena itu pemerintah membuat aturan bagi perusahaan untuk melakukan CSR. Studi ini meneliti pengaruh profitabilitas, Leverage, likuiditas, dan ukuran untuk tanggung jawab sosial perusahaan yang diproduksi di Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang merupakan laporan tahunan dari 30 perusahaan dari 2010-2012. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis statistik dengan beberapa persamaan regresi linear. Hasil studi ini menunjukkan bahwa variabel independen (profitabilitas, Leverage, likuiditas, dan ukuran) telah secara signifikan dan simultan mempengaruhi menuju variabel dependent, yang merupakan tanggung jawab sosial perusahaan. Profitabilitas dan ukuran memiliki pengaruh sebagian positif terhadap tanggung jawab sosial perusahaan. Leverage dan likuiditas memiliki pengaruh yang sebagian negatif terhadap perusahaan kata-kata Responsibility.
N owadays, there is a change in a company behavior in terms of making long-term profit. The company was not only thinking about the profit itself but also protecting or building good image in the society. In Indonesia the government realize about how important to protecting the environment. The government has to protect the environment because nowadays there is a lot of environmental damage that happened because of the negligence of the company therefore the government made the rule for the company to do the CSR. This study examines the influence Profitability, Leverage, Liquidity, and Size to Corporate Social Responsibility on manufactured companies in Indonesia. The data used in this study is secondary data which is an annual report of 30 companies from 2010 to 2012. The data analysis method used in this study is the method of statistical analysis with multiple linear regression equation. The result of this study shows that independent variables (Profitability, Leverage, Liquidity, and Size) had significantly and simultaneously influence toward the dependent variable, which is Corporate social Responsibility. Profitability and SIze have partially positive influence toward Corporate Social Responsibility. Leverage and Liquidity have partially negative influence toward Corporate Social Responsibility.