Analisis pengaruh karakteristik perusahaan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek Indonesia pada periode 2009 - 2010
P enelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial pada karakteristik perusahaan (ukuran perusahaan, profitabilitas, profil perusahaan, tingkat leverage, kepemilikan manajerial, ukuran dewan komisaris dan umur perusahaan), karena pengungkapan tanggung jawab sosial dapat memberikan efek yang signifikan pada kondisi perusahaan. sampel pada penelitian ini terdiri dari 26 perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia pada tahun 2009 sampai 2010 yang telah dipilih menggunakan metode purposive sampling. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. hasil analisis uji-t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel bebas kepemilikan manajerial dan umur perusahaan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. sedangkan pada variabel bebas lainnya ukuran perusahaan, profitabilitas, profil perusahaan, tingkat leverage dan ukuran dewan komisaris tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. berdasarkan uji-f diperoleh secara bersama-sama semua variabel bebas (ukuran perusahaan, profitabilitas, profil perusahaan, tingkat leverage, kepemilikan manajerial, ukuran dewan komisaris dan umur perusahaan) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan.
T he purpose of this research is to analyze the influence of social responsibility disclosure on firm characteristics (firm age, profitability, company profile, level of leverage, managerial ownership, board size and firm age), because disclosure of social responsibility can provide a significant effect on the condition of the company. samples in this study consisted of 26 manufacturing companies listed on the indonesia stock exchange from 2009 to 2010 that have been selected using purposive sampling method. the method used in this study is the multiple linear regression. the results of the t-test analysis showed that there were significant effects of independent variables managerial acquisition and firm age on the disclosure of corporate social responsibility. while on the other independent variables firm size, profitability, company profile, level of leverage and size of the board of commissioners did not have a significant effect on the disclosure of corporate social responsibility. based on an f-test obtained together all the independent variables (firm size, profitability, company profile, level of leverage, managerial acquisition, board size and firm age) have a significant effect on the disclosure of corporate social responsibility.