Pengaruh pengungkapan corporate sosial responsibility terhadap profitabilitas dan reputasi perusahaan
P enelitian ini menguji pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap profitabilitas dan reputasi perusahaan. Profitabilitas diproksikan dengan Return on Assets (ROA) dan Return on Equity (ROE) dan reputasi perusahaan diproksikan dengan harga saham (close price). Penelitian ini menggunakan 96 sampel yang terdiri dari 32 perusahaan industri penghasil bahan baku (sektor pertanian dan sektor pertambangan) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2012-2014. Analisis regresi sederhana digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh positif terhadap profitabilitas yang diproksikan dengan ROA dan ROE. Dan pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh positif terhadap reputasi perusahaan yang diproksikan dengan harga saham (close price).
T his research examines the effect Corporate Social Responsibility disclosures of the company's profitability and reputation. Profitability is proxied by Return on Assets (ROA) and Return on Equity (ROE) and the company's reputation is proxied by the share price (close price). This research used 96 samples consisting of 32 industrial enterprises producing raw materials (agriculture and mining) that are listed in the Indonesia Stock Exchange (BEI) in 2012-2014. Simple regression analysis was used to test the hypothesis. The results indicate that Corporate Social Responsibility (CSR) disclosures has a positive effect on profitability is proxied by ROA and ROE. And Corporate Social Responsibility (CSR) disclosures has a positive effect on the company’s reputation is proxied by share price (close price).