Pengaruh corporate social disclosure index terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderating
P enulisan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Corporate Social Disclosure Index (CSDI) terhadap nilai perusahaan dan pengaruh Corporate Social Disclosure Index (CSDI) terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas perusahaan sebagai variabel moderating. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan perusahaan (Annual Report). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling method. Perusahaan yang digunakan adalah perusahaanperusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang terdaftar dalam Indonesia Capital Market Directory (ICMD) dan Bursa Efek Indonesia dari tahun 2008 hingga 2010, diperoleh 10 perusahaan yang sesuai dengan criteria sampel dan kemudian di analisi dengan model regresi data panel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Corporate Social Disclosure Index (CSDI) berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas sebagai variabel moderating berpengaruh negatif terhadap hubungan Corporate Social Diisclosure Index (CSDI) dan nilai perusahaan .
T his paper aims to investigate the influence of Corporate Social Disclosure Index (CSDI) to firm value and the influence Corporate Social Disclosure Index (CSDI) to firm value with profitability as a moderating variable. This study uses secondary data obtained from annual report. The sampling technique used purposive sampling method. Companies that used in this study is Badan Usaha Milik Negara (BUMN) which listed in Indonesia Capital Market Directory (ICMD) and Indonesia Stock Exchange from 2008 to 2010. Acquired 10 companies in accordance with the sample characteristic and analyzed with panel data regression model. The results indicated that the Corporate Social Disclosure Index (CSDI) have a significant effect with firm value. Profitability as a moderating variable have a negative significant effect in relation of Corporate Social Disclosure Index (CSDI) and firm value.