Pengaruh corporate social responsibility,human capital,customer capital,dan structural capital terhadap kinerja perusahaan
T ujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh corporate social responsibility dan faktor-faktor intellectual capital terhadap kinerja perusahaan. Variabel Independen dalam penelitian ini adalah corporate social responsibility, human capital, customer capital, dan structural capital. Variabel Dependen yang digunakan adalah kinerja perusahaan. Data diperoleh dengan metode purposive sampling dan menggunakan survei kuesioner yang dijawab oleh karyawan dan manajer yang bekerja pada beberapa perusahaan Bank Mandiri, Bank BCA, Bank BII, Bank Bukopin, Bank CIMB Niaga, Bank Danamon, serta perusahaan PT. Aliansi Lintas Teknologi, PT. Net Mediatama Indonesia, Siregar & Djojonegoro, PT. Palyja. Sampel yang digunakan adalah 107 kuesioner. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak semua variabel independen menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen. Variabel corporate social responsibility dan human capital berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan. Sedangkan customer capital dan structural capital tidak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Sementara itu, hubungan corporate social responsibility, human capital, customer capital, dan structural capital secara bersama-sama memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kinerja perusahaan.
T he purpose of this research is to determine the influence of corporate social responsibility, human capital, customer capital and structural capital on business performance . The independent variables in this study are the influence of corporate social responsibility, human capital, customer capital and structural capital. The dependent variables used is business performance Data obtained by using purposive sampling method and a survey questionnaire answered by employers and managers who work in Bank Mandiri, Bank BCA, Bank BII, Bank Bukopin, Bank CIMB Niaga, Bank Danamon, as well as PT. Aliansi Lintas Teknologi, PT. Net Mediatama Indonesia, Siregar & Djojonegoro, PT. Palyja. The samples used were 107 questionnaires. This study used regression analysis. The results indicate that not all independent variables showed a significant effect on the dependent variable. Corporate social responsibility and human capital have a positive influence on business performance, while customer capital and structural capital have no influence on business performance. While corporate social responsibility, human capital, customer capital, and structural capital simultaneously have positive and significant effect on business performance.