Pengaruh unctional, hedonic, symbolic, financial value terhadap purchase intention pada restoran mewah
P enelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh functional, hedonic, symbolic, financial value terhadap purchase intention pada restoran mewah di Indonesia khususnya Jakarta. Penelitian ini menggunakan sumber data primer yang didapat secara langsung dari sumbernya dengan cara menyebarkan kuesioner dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang digunakan sebanyak 193 responden dengan kriteria pernah makan di restoran mewah setidaknya sekali dalam kurun waktu enam bulan terakhir. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah purchase intention, sedangkan variabel indepen dalam penelitian ini adalah functional, hedonic, symbolic, financial value. Metode penelitian yang digunakan adalah analisi SEM uji kualitas data menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif hedonic, symbolic, financial value terhadap purchase intention dan tidak terdapat pengaruh positif untuk functional value terhadap purchase intention. Implikasi bagi manajer untuk dapat meningkatkan niat beli konsumen dengan memperhatikan faktor-faktor seperti hedonic, symbolic, financial value untuk meningkatkan minat beli konsumen terhadap restoran mewah. Penelitian selanjutnya dapat dilakukan pada restoran mewah dikota besar lainnya di Indonesia dan dapat menambahkan variabel seperti consumer attitude dan social influence.
T his study aims to determine the effect of functional, hedonic, symbolic, financial value to purchase intention in luxury restaurants in Indonesia, especially Jakarta. This study uses primary data source obtained directly from the source by distributing questionnaires by using purposive sampling technique. The data used were 193 respondents with the criteria of having eaten in luxury restaurants at least once in the past six months. Dependent variable in this research is purchase intention, while indepen variable in this research is functional, hedonic, symbolic, financial value. The research method used is SEM analysis of data quality test using validity and reliability test. The results showed that there were positive hedonic, symbolic, financial value to purchase intention and no positive effect to functional value to purchase intention. Implications for managers to increase consumer buying intentions by taking into account factors such as hedonic, symbolic, financial value to increase consumer buying interest in luxury restaurants. Further research can be done in other big city luxury restaurants in Indonesia and can add variables such as consumer attitude and social influence.