Pengembangan aplikasi virtual reality pada museum sejarah Jakarta
M useum merupakan sebuah institusi yang mampu melayani kebutuhan publik dan bersifat terbuka untuk mempelajari benda-benda bersejarah dan warisan budaya yang ada di dalamnya. Museum juga dapat memanfaatkan teknologi yang juga dapat digunakan oleh wisatawan untuk berkunjung tanpa harus berkerumun di tengah pandemi, salah satu teknologinya adalah Virtual Reality. Virtual Reality merupakan teknologi yang dapat membuat user berinteraksi dan menjelajahi suatu lingkungan ke beberapa objek tertentu. Dalam penelitian ini penulis menggunakan Virtual Reality untuk lebih mengenal dan mempelajari benda-benda yang ada di museum Virtual supaya terlihat lebih atraktif dan menghibur bagi para pengunjung. Dalam implementasinya, aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan keinginan wisatawan untuk berkunjung ke museum Virtual sebagai salah satu tempat untuk berkumpul dan bersosialisasi.
M useum is an institution that is able to serve public needs and is open to studying historical objects and cultural heritage in it. Museums can also take advantage of technology that can also be used by tourists to visit without having to crowd in the middle of a pandemic, one of which is Virtual Reality. Virtual Reality is a technology that can make users interact and explore an environment with certain objects. In this study the authors use Virtual Reality to get to know and learn more about the objects in the Virtual museum so that they look more attractive and entertaining to visitors. In its implementation, this application is expected to increase tourists' desire to visit the Virtual museum as a place to gather and socialize