DETAIL KOLEKSI

Perancangan video interaktif "Anxiety"

4.3


Oleh : Asri Cikita Putri

Info Katalog

Nomor Panggil : 0005/DKV/2019

Penerbit : FSRD - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2019

Pembimbing 1 : Wegig Murwonugroho

Pembimbing 2 : Dody Setianto

Subyek : Video - Design

Kata Kunci : Video

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2019_TA_SDK_091301500009_Halaman-judul-.pdf 18
2. 2019_TA_SDK_091301500009_Bab-1.pdf 77
3. 2019_TA_SDK_091301500009_Bab-2.pdf
4. 2019_TA_SDK_091301500009_Bab-3.pdf
5. 2019_TA_SDK_091301500009_Bab-4.pdf
6. 2019_TA_SDK_091301500009_Bab-5.pdf
7. 2019_TA_SDK_091301500009_Bab-6.pdf
8. 2019_TA_SDK_091301500009_Daftar-Pustaka.pdf
9. 2019_TA_SDK_091301500009_Lampiran.pdf

S etiap hari manusia dihadapkan pada berbagai situasi atau kejadian tak terdugayang dapat memicu munculnya kecemasan seperti ujian mendadak, presentasitugas, dan deadline pekerjaan. Sebenarnya kecemasan pada dasarnya adalah sensasiyang universal dialami oleh semua umat manusia apapun gendernya berapapunumurnya, sedari lahir. Pada kadar rendahnya, kecemasan membantu individu untukbersiaga mengambil langkah-langkah mencegah bahaya atau untuk memperkecildampak bahaya tersebut sehingga membantu kerja daya pikir atau produktifitas.Sebaliknya, apabila kadar kecemasan menjadi sangat tinggi sampai beresponnegatif terhadap hal yang lumrah justru akan sangat mengganggu produktifitasindividu dan jika sudah mengganggu, maka inilah yang disebut sebagai gangguankecemasan.Masalahnya banyak penderita gangguan kecemasan belom tahu kondisi mereka danwalaupun mereka tahu, mereka terlalu takut untuk terbuka terhadap penyakitnya.Ketidak-terbukaan ini menyebabkan banyak penderita gangguan kecemasan,menjadi pasien yang untreated atau dibiarkan berkepanjangan. Media videointeraktif berbentuk pembelajaran ini bisa menjadi jawaban dari permasalahantersebut. Desain video interaktif adalah metode penceritaan berbasis audio visualyang akan mengajak penonton sebagai pengguna, pemilik, dan partisipan aktifterhadap media yang dikemas secara sinematik. Tujuan dari video interaktif iniadalah menambah wawasan dan pengetahuan mengenai gangguan kecemasan,sebagai motivasi, dan sebagai pengaplikasian peran multimedia interaktif sebagaimedia pembelajaran mengenai gangguan kecemasan bagi masyarakat dan penderitagangguan kecemasan.

E very day humans are faced with a variety of situations and unexpected events thatcan trigger the emergence of anxiety such as sudden exams, task presentations, andwork deadlines. Anxiety is basically a universal sensation experienced by all humanbeings regardless of their age regardless of age, from birth. At low levels, anxietyhelps individuals to be prepared to take steps to prevent danger or to minimize theimpact of the hazard so that it helps the work of thinking power or productivity.Conversely, if anxiety levels become very high to the point of responding negativelyto the normal thing, it will greatly disrupt the productivity of the individual and ifit is disturbing, then this is what is referred to as anxiety disorder.The problem is that many people with anxiety disorders do not know their conditionand even though they do, they are too afraid to open up to their illness. Thisopenness causes many sufferers of anxiety disorders to become untreated patientsor to be left prolonged. Interactive video media in the form of learning can be theanswer to these problems. Interactive video design is an audio visual basedstorytelling method that will invite the audience as its users, owners, and activeparticipants to the cinematically packaged media. The purpose of this interactivevideo is to add insight and knowledge about anxiety disorders, as motivation, andas an application of the role of interactive multimedia as a learning medium aboutanxiety disorders for people and people with anxiety disorders.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?