Perbedaan tingkat pengetahuan anak antara penggunaan media video dan ceramah pendidikan kesehatan gigi: kajian pada murid - murid Kelas IV SDN 07 Pagi Pondok Bambu (Laporan Penelitian)
P endidikan Kesehatan Gigi (PKG) merupakan suatu kegiatan pendidikan non – formal dalam rangka mengubah masyarakat menuju suatu keadaan yang lebih baik sesuai yang diharapkan. Menjaga kebersihan gigi dan mulut sebaiknya dilakukan sejak usia dini. Untuk mendapatkan kebersihan gigi dan mulut pada anak, maka pendidikan kesehatan gigi dengan menggunakan metode video dan ceramah diharapkan agar anak semakin mengetahui pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut sedini mungkin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pengetahuan siswa – siswi kelas IV SDN 07 Pagi Pondok Bambu antara pemberian PKG yang menggunakan metode video dan ceramah. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimental dengan rancangan penelitian yaitu potong silang. Instrument penelitian menggunakan kuesioner. Dari 60 responden dilakukan uji komparasi yaitu uji Mann-Whitney dengan hasil perolehan nilai rata – rata yang menggunakan media video 29,15 dan yang menggunakan media ceramah 31.85 dengan nilai sig. 0,043 p < 0,05. Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan bermakna antara tingkat pengetahuan anak yang mendapatkan pendidikan kesehatan gigi dan mulut menggunakan media video dan ceramah PKG dengan metode ceramah lebih efektif untuk meningkatkan pengetahuan kesehatan gigi pada anak.
D ental Health Education (DHE) is a non – formal education activity that is performed to change the oral health community behavior into a better one. Oral hygiene should be done from early age. Health education using video method and lecture method is intended for improving children’s knowledge about how to maintain dental–hygiene. The purpose of this research is to find the difference between 07 Pondok Bambu Elementary School Grade 4 knowledge level who was given information by using a video and lecture method. The type of research is experimental with the research plan is cross sectional. This research applies questioner as instrumental research and using Mann – Whitney test, that was taken from the 60 respondents, the result showed a value of 29.15 when a video was used, and a value of 31.85 when a lecture was used, with sig. 0,043, p < 0,05. The conclusion showed that there was a difference on the knowledge level of the student when the dental health education used video and lecture method. DHE with lecture method was more effective to increase dental health knowledge.