DETAIL KOLEKSI

Perancangan video company profile PT Jasa Marga (Persero) Tbk untuk mengangkat citra perusahaan yang humanis


Oleh : Syarifah Arsitadewi Putri Gayanti

Info Katalog

Penerbit : FSRD - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2024

Pembimbing 1 : Elda Franzia Jasjfi

Pembimbing 2 : Januar Ivan Halimawan

Subyek : Brand name products;Branding (Marketing)

Kata Kunci : company profile video, cinematography, humanist, PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2024_SK_SDK_091302000032_Halaman-Judul.pdf 14
2. 2024_SK_SDK_091302000032_Surat-Pernyataan-Revisi-Terakhir.pdf 1
3. 2024_SK_SDK_091302000032_Surat-Hasil-Similaritas.pdf 1
4. 2024_SK_SDK_091302000032_Halaman-Pernyataan-Persetujuan-Publikasi-Tugas-Akhir-untuk-Kepentingan-Akademis.pdf 1
5. 2024_SK_SDK_091302000032_Lembar-Pengesahan.pdf 1
6. 2024_SK_SDK_091302000032_Pernyataan-Orisinalitas.pdf 1
7. 2024_SK_SDK_091302000032_Formulir-Persetujuan-Publikasi-Karya-Ilmiah.pdf 1
8. 2024_SK_SDK_091302000032_Bab-1.pdf 5
9. 2024_SK_SDK_091302000032_Bab-2.pdf 13
10. 2024_SK_SDK_091302000032_Bab-3.pdf 3
11. 2024_SK_SDK_091302000032_Bab-4.pdf 9
12. 2024_SK_SDK_091302000032_Bab-5.pdf 18
13. 2024_SK_SDK_091302000032_Bab-6.pdf 1
14. 2024_SK_SDK_091302000032_Daftar-Pustaka.pdf 2
15. 2024_SK_SDK_091302000032_Lampiran.pdf 5

S aat ini telah banyak perusahaan yang menggunakan video company profile sebagai sarana peningkatan brand awareness perusahaannya, salah satunya adalah PT Jasa Marga (Persero) Tbk. PT Jasa Marga (Persero) Tbk sendiri merupakan perusahaan swasta yang berada di bawah pengelolaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam bidang penyediaan layanan jalan tol di Indonesia. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh telah banyaknya publikasi video company profile PT Jasa Marga (Persero) Tbk dengan tema relatif serupa secara rutin setiap satu tahun sekali, dengan judul terbarunya ”Jasa Marga Lampaui Batas, Merajut Konektivitas”. Namun sangat disayangkan bahwa pada setiap video company profile perusahaan yang diupload oleh perusahaan hanya bersifat formil dan satu arah (fokus pada penyampaian sisi eksternal perusahaan saja), serta hanya memperhatikan citra ’besar’ dan ’megahnya’ perusahaan, sehingga belum adanya video company profile yang mempublikasikan sisi humanis PT Jasa Marga (Persero) Tbk dalam sudut pandang internal perusahaan. Penelitian ini dilakukan melalui metode penelitian kualitatif, dengan metode pengumpulan data melalui tahapan observasi masalah yang sedang dihadapi perusahaan, lalu dilakukan wawancara terstruktur dengan tenaga kerja perusahaan. Yang selanjutnya dengan melalui analisis Spradley hasil wawancara dianalisis bersamaan dengan studi literaturnya. Sehingga berdasarkan temuan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa salah satu cara mempublikasikan citra humanis perusahaan adalah dengan menambahkan visual komitmen perusahaan dalam menghargai keberagaman setiap insan manusia melalui penyiaran video company profile, namun tetap memberikan fokus pada kredibilitas perusahaan. Dengan maksud agar publik mengetahui bahwa PT Jasa Marga (Persero) Tbk merupakan perusahaan yang memanusiakan anggotanya, serta mendukung program pemerintah pada bidang peningkatan perekonomian dan pembangunan nasional.

C urrently, many companies are using company profile videos as a means of increasing their company\'s brand awareness, one of which is PT Jasa Marga (Persero) Tbk. PT Jasa Marga (Persero) Tbk itself is a private company under the management of a State-Owned Enterprise (BUMN) in the field of providing toll road services in Indonesia. This research was motivated by the many publications of PT Jasa Marga (Persero) Tbk company profile videos with relatively similar themes on a regular basis once a year, with the latest title \"Jasa Marga Transcends Limits, Knitting Connectivity\". However, it is very unfortunate that every company profile video uploaded by the company is only formal and one-way (focusing on conveying the external side of the company only), and only pays attention to the company\'s \'big\' and \'magnificent\' image, so there is no company profile video yet. publish the humanist side of PT Jasa Marga (Persero) Tbk from the company\'s internal perspective. This research was conducted using qualitative research methods, with data collection methods through observation stages of problems being faced by the company, then structured interviews were conducted with the company\'s workforce. Next, through Spradley\'s analysis, the interview results were analyzed together with the literature study. So based on the findings of the analysis results, it can be concluded that one way to publicize a company\'s humanist image is to add visuals to the company\'s commitment to respecting the diversity of every human being through broadcasting company profile videos, but still focusing on the company\'s credibility. With the aim of letting the public know that PT Jasa Marga (Persero) Tbk is a company that humanizes its members, and supports government programs in the areas of improving the economy and national development.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?