Peranan multimedia pada perancangan video motion graphic Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Jakarta
B adan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) adalah sebuah lembaga yang mendukung Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen di lapangan. Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) merupakan salah satu lembaga peradilan konsumen yang mempunyai wewenang untuk menyelesaikan sengketa antara konsumen dan pelaku usaha. Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) dalam proses penyelesaian sengketa memberikan hak sepenuhnya kepada para pihak untuk memilih metode yang akan digunakan dalam penyelesaian sengketa. Badan Penyelesaian Sengketa Konsuemn (BPSK) berhak menolak permohonan penyelesaian sengketa apabila sengketa tersebut bukan wewenang BPSK untuk menyelesaikannya. Tujuan pembentukan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) adalah untuk melindungi konsumen maupun pelaku usaha dengan menciptakan sistem perlindungan konsumen yang mengandung unsur kepastian hukum dan keterbukaan informasi. Tentunya pasti jumlah masyarakat yang ingin mengajukan konsultasi dan pengaduan terkait dengan permasalahan sengketa cukup besar, akan tetapi masih banyak masyarakat yang belum mengetahui atau masih memiliki sedikit informasi tentang lembaga Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) terlebih lagi mengenai tata cara pendaftaran dan pengisian formulir. Media promosi yang dibuat oleh lembaga ini khususnya BPSK yang berlokasi di Provinsi DKI Jakarta masih kurang efetktif dan efisien yang menyebabkan masyarakat mempunyai banyak kendala seperti kurangnya informasi yang menghasilkan masyarakat masih sering mengunjungi kantor BPSK dari berbagai wilayah. Untuk Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini meliputi tentang kurangnya informasi mengenai tata cara proses pelayanan dan pengaduan, pengisian formulir tentang pengajuan, tata cara melakukan pengaduan ke BPSK khususnya yang berada di wilayah Jakarta serta pengenalan identitas dari lembaga Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) seperti fungsi, tujuan, visi dan misi, manfaat, dan lain sebagainnya. Saat ini, media informasi yang tersedia untuk kantor BPSK di Provinsi DKI Jakarta adalah website yang memberikan informasi kepada masyarakat. Tetapi masihbanyak masyarakat yang belum menggunakannya secara maksimal dikarenakan metode yang digunakan sudah tertinggal zaman. Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) yang berada di wilayah Jakarta sendiri ini belum memiliki media informasi berupa video Motion Graphic. Oleh karena itu, penulis membuat rancangan berupa video menggunakan teknik Motion Graphic untuk mempermudah masyakarat mencari infomasi tentang BPSK dalam memberikan pelayanan pengaduan sengketa kepada masyarakat.
T he Consumer Dispute Resolution Agency (BPSK) is an agency that supports Law Number 8 of 1999 concerning Consumer Protection in the field. Consumer Dispute Resolution Agency (BPSK) is one of the consumer justice institutions that has the authority to resolve disputes between consumers and business actors. The Consumer Dispute Resolution Agency (BPSK) in the dispute resolution process gives the parties full rights to choose the method to be used in dispute resolution. The Conflict Resolution Board (BPSK) has the right to reject the request for dispute resolution if the dispute is not the authority of BPSK to resolve it. The purpose of establishing the Consumer Dispute Settlement Body (BPSK) is to protect both consumers and business actors by creating a consumer protection system that contains elements of legal certainty and information disclosure. Certainly the number of people who want to submit consultations and complaints related to dispute matters is quite large, but there are still many people who do not know or still have little information about the Consumer Dispute Resolution Agency (BPSK) even more about the procedure for registration and form filling. Promotional media made by this institution, especially BPSK which is located in DKI Jakarta Province are still less effective and efficient which causes the community to have many obstacles such as lack of information that results in people still frequently visiting BPSK offices from various regions. The problems examined in this study include the lack of information regarding the procedures for the service process and complaints, filling out forms for submissions, procedures for making complaints to BPSK especially those in the Jakarta area and the introduction of the identity of the Consumer Dispute Resolution Agency (BPSK) such as the function, goals, vision and mission, benefits, and others. Currently, information media available for BPSK offices in DKI Jakarta Province are websites that provide information to the public. But there are still many people who have not used it optimally because the methods used are outdated. The Consumer Dispute Resolution Agency (BPSK) in the Jakarta area itself does not yet have information media in the form of Motion Graphic videos. Therefore, the authors made a draftin the form of video using the Motion Graphic technique to facilitate the community in finding information about BPSK in providing dispute complaint services to the public.