DETAIL KOLEKSI

Perancangan video mapping sebagai media visual dalam pementasan lagu Indonesia Pusaka


Oleh : Nitya Indriani Adhitama

Info Katalog

Nomor Panggil : 0024/DKV/2019

Penerbit : FSRD - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2019

Pembimbing 1 : Wegig Murwonugroho

Pembimbing 2 : Tommy Hari Prihatanto

Subyek : Visual communication design - Video mapping

Kata Kunci : video Mapping, nationalism,

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2019_TA_DKV_091301500036_Halaman-Judul.pdf 18
2. 2019_TA_DKV_091301500036_Bab-1.pdf 7
3. 2019_TA_DKV_091301500036_Bab-2.pdf
4. 2019_TA_DKV_091301500036_Bab-3.pdf
5. 2019_TA_DKV_091301500036_Bab-4.pdf
6. 2019_TA_DKV_091301500036_Bab-5.pdf
7. 2019_TA_DKV_091301500036_Bab-6.pdf
8. 2019_TA_DKV_091301500036_Daftar-Pustaka.pdf 3
9. 2019_TA_DKV_091301500036_Lampiran.pdf

M inat generasi muda pada kebudayaan Indonesia seperti lagu-lagu Wajib Nasionalterlihat semakin berkurang dikarenakan adanya pengaruh luar yang membuatremaja jaman sekarang lebih memilih mendengarkan lagu luar negeri dan dangdutyang tengah tenar dikalangannya seperti lagu “Sambalado”. Generasi mudamengaku masih memiliki jiwa nasionalisme namun mereka menerapkannya lebihkepada hal-hal kecil di lingkungan sekitar. Generasi muda juga mengaku kurangpaham dengan Bahasa pada Pancasila, remaja jaman sekarang lebih mengerti jikaBahasa tersebut disesuaikan dengan Bahasa jaman sekarang. Cagar Budaya sepertiMuseum Bank Indonesia juga ternyata masih kurang diminati oleh masyarakatterutama generasi muda. Museum Bank Indonesia bahkan melakukan upayarenovasi fasilitas agar lebih menarik minat masyarakat untuk mengunjungi museumtersebut. Oleh karena itu, tujuan diadakannya penelitian ini untuk meningkatkanrasa nasionalisme kepada masyarakat dan rasa bangga sebagai bangsa Indonesia.Lebih mengapresiasi cagar budaya dan lagu-lagu wajib nasional. Serta terciptanyasebuah karya video mapping visual lagu “Indonesia Pusaka” yang menarik,komunikatif dan kreatif sebagai solusi dari masalah tersebut. Dimana karya videomapping yang dihasilkan memiliki konsep dan gaya visual yang sesuai denganminat generasi pada jaman sekarang.

T he interest of the younger generation in Indonesian culture such as NationalMandatory songs seems to be diminishing due to external influences that maketeens today prefer to listen to foreign and dangdut songs that are famous amongthemselves such as the song "Sambalado". The younger generation claimed to stillhave the spirit of nationalism but they applied it more to the little things in thesurrounding environment. The younger generation also claims to lackunderstanding of the Language of Pancasila, today's teenagers understand betterif the Language is adapted to the daily language. Cultural Heritage such as theMuseum of Bank Indonesia also apparently is still lacking in demand by thecommunity, especially the younger generation. Museum Bank Indonesia even makeefforts to renovate the facility to be more attractive to the public to visit the museum.Therefore, the purpose of this research is to increase the sense of nationalism to thecommunity and a sense of pride as an Indonesian nation. More appreciate to thecultural preservation and national compulsory songs. As well as the creation of aninteresting, communicative and creative visual video mapping work of “IndonesianPusaka” songs as a solution to the problem. Where the resulting video mappingwork has concepts and visual styles that are in line with the current generation'sinterests.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?