Perbaikan kualitas pelayanan Call Center Mentari dengan mengintegrasikan Servqual dan Kano ke dalam matriks QFD di PT Indosat tbk
D ikarenakan persaingan pelayanan mobile communication sangat kompetitif, maka PT. Indosat Tbk menghadirkan suatu iayanan Call Center 24 jam pada Mentari. Berdasarkan data• pada bulan Desember 2007, jumlah keluhan yang masuk ke dalam Call Center Mentari relatif banyak, yaitu 165.936 keluhan. Oleh karena itu dibutuhkan perbaikan kualitas pelayanan Call Center Mentari agar dapat memenuhi kebutuhan pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dan melakukan perbaikan kualitas pelayanan Call Center Mentari.Dalam mengidentifikasi kebutuhan pelanggan, dilakukan penyusunan dan enyebaran kuisioner yang didalamnya mencakup tingkat kepuasan, tingkat kepentingan , tmgkat harapan responden dan kategori dari setiap atribut pelayanan.Hasil penyebaran kuisioner akan diolah menggunakan SERVQUAL dan Kano yang diintegrasikan kedalam matriks QFD. Dari hasil tersebut dapat diketahui skor kepuasan pelanggan serta urutan prioritas karakteristik pelayanan yang perlu dilakukan perusahaan dalam meningkatkan performansi atribut pelayanan yang penting bagi pelanggan namun belum memenuhi kepuasan pelanggan.Dari hasil pengolahan data dapat diketahui bahwa terdapat 14 atribut yang dianggap penting oleh pelanggan dan dikelompokkan berdasarkan 5 dimen si SERVQUAL, yaitu keandalan (kemudahan mengakses Call Center Mentari , kemudahan dalam menggunakan layanan Call Center Mentari , ketersediaan pelayanan Customer Service pada Call Center Mentari, keragaman informasi fitur yang ditawarkan pada Call Center Mentari), daya tanggap (kemampuan Customer Service Call Center dalam menyelesaikan masalah yang timbul, kecepatan Customer Service Call Center dalam menyelesaikan masalah yang timbul , keakuratan Customer Service Call Center dalam m emberikan informasi yang disampaikan) , jamtnan (keamanan atas kerahasian data - data pelanggan dalam regristasi prabayar, operator Customer Service Call Center Mentari yang kompeten , sistem antrian yang baik pada pelayanan Call Center Mentari), empati (keramahan Customer Service dalam memberikan pelayanan , kepekaan Customer Service dalam menghadapi perrnasalahan pelanggan), bukti terukur (mendapatkan informasi mengenai produk Indosat lainnya, adanya nomor Call Center Mentari lain yang dapat dihubungi selain dari Mentari) . Ada 3 atribut yang telah memenuhi kebutuhan pelanggan, yaitu keragaman informasi fitur yang ditawarkan pada Call Center Mentari , keramahan Customer Service dalam memberikan pelayanan, dan adanya nomor Call Center Mentari lain yang dapat dihubungi selain dari Mentari . Kesebelas atribut lainnya belum memenuhi kebutuhan pelanggan sehingga perlu untuk ditingkatkan. Berdasarkan HOQ Integrasi, urutan karakteristik pelayanan yang perlu dilakukan oleh perusahaan adalah memberikan training product knowledge kepada operator Customer Service, mempekerjakan operator yang cepat dan tanggap dalam menangani masalah, memiliki standar pelayanan yang sudah ditetapkan , membuat sistem Call Center Mentari lebih user friendly, menambah line telepon Call Center, menanamkan sifat mengutamakan pelanggan , menambah SDM pada Call Center, mempekerjakan operator yang berpengalaman , men gatur jumlah operator yang beroperasi pada trend waktu tertentu, menanamkan sifat disiplin pada operator, menanamkan sifat tanggung jawab pada operator, security system yang baik pacta data pelanggan, memonitor pelaksanaan pelayanan Call Center Mentari dan memperbanyak inforrnasi -informasi yang dapat diperoleh pelanggan melalui Call Center Mentari.
T he intensity of the mobile communication services is very competitive, therefOie PT Indosat Tbk give one of the Call Center services for 24 hour based on Mentari . Based on the data at December 2007, Mentari Call Center has many incoming complaints which i s 165.936 complaints. Because of that, Mentari Call Center has to improve service quality to fulfill customer's demand. The research purpose is to identify the customer 's demand and to improve the quality Mentari Call Center services.To identify customer 's demand by creating the questioners that include satisfaction,importance, responden hope and each category for attribute service.The result of the questioners will created with SERVQUAL and Kano that integrated inside matrix QFD. From that result will get the score of customer satisfaction with the number of characteristic priority services that company will need to increase the performance of service attribute that important for customer but not fulfill customer's satisfaction.From the result of the data knowing that fourteen important attribute from customer and grouping from five dimensions SERVQUAL, The Reliability (easy access Mentari Call Center, easy to use Mentari Call Center, availability Customer Service of Mentari Call Center, uniformity information feature for Mentari Call Center), Responsive (ability of Call Center Customer Service in solving the problem appear, speed of Call Center Customer Service in solving the problem appear, accuracy of Call Center Customer Service in giving to get the information), Assurance (safety for private customer data - customer data in voucher registration, competent operator of Mentari Customer Service Call Center, good queuing system in Mentari Call Center service), Empathy (hospitality Customer Service in giving the service, sensitivity of Customer Service in handl i ng customer problem) , Tangibles (getting information for other Indosat product, availability of other Mentari Call Center number that can connect to others Indosat product) . There are three attribute that already fulfill customer's demand : uniformity information feature for Mentari Call Center, hospitality Customer Service in giving the service and availability of other Mentari Call Center number that can connect to others Indosat product. Others eleven attribute not yet fulfill customer 's demand therefore need to increa se. According HOQ integration, the characteristic service that need to do from the company are give training of the product knowledge to Customer Service operator, employed operator that are fast in term of handling problems, own the standard service that already given, making Mentari Call Center system more user friendly, adding more Call Center telephone line, commit in behavior customer priority, adding human resources for Call Center, employed experienced operator, calculate the right operator that operate in specific trend of time, build discipline behavior for the operator, build responsibility for the operator, go.od security system on customer's data, monitoring the execution Mentari Call Center service and add more information's that can get from Mentari Call Center.