DETAIL KOLEKSI

Analisis kapasitas landas pacu (runway) pada Bandar Udara Internasional Sentani Jayapura

5.0


Oleh : Ronaldo

Info Katalog

Penerbit : FTSP - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2019

Pembimbing 1 : Lucky Surrachman

Subyek : Airports - Sentani - Jayapura;Runways (Aeronautics) - Sentani - Jayapura

Kata Kunci : runway, FAA, critical landing space, hourly capacity base, capacity

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2019_TA_ARS_051001400093_Halaman-Judul.pdf 16
2. 2019_TA_ARS_051001400093_Bab-1.pdf 5
3. 2019_TA_ARS_051001400093_Bab-2.pdf 7
4. 2019_TA_ARS_051001400093_Bab-3.pdf 7
5. 2019_TA_ARS_051001400093_Bab-4.pdf 22
6. 2019_TA_ARS_051001400093_Bab-5.pdf 2
7. 2019_TA_ARS_051001400093_Daftar-Pustaka.pdf 1
8. 2019_TA_ARS_051001400093_Lampiran.pdf 3

L andas pacu merupakan salah satu komponen terpenting dalam suatu sistem di bandar udara karena landas pacu merupakan tempat beroperasinya pesawat udara melakukan lepas landas maupun mendarat. Efisiensi kinerja landas pacu pada bandar udara dilihat dari berbagai macam faktor pengoperasian yang ada seperti teknologi yang dipakai dan lain lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kapasitas tingkat pelayanan yang berada di landas pacu dan mengetahui karakteristik jenis pesawat udara yang dilayani oleh Bandar Udara Sentani Jayapura. Metode yang di pakai untuk menghitung kapasitas landas pacu menggunakan metode FAA (American Federal Aviation Administration) yang berdasarkan data pergerakan pesawat udara dan karakteristik pesawat udara. Dari hasil perhitungan dengan metode FAA mendapatkan hasil yang sangat berpengaruh yaitu Hourly Capacity Base yang berlandaskan dari data Mix Index. Hasil analilis 5 tahun mendatang yaitu tahun 2023 didapatkan hasil pergerakan pesawat udara pada jam sibuk (Peak Hour) sebanyak 58 pergerakan per jam dan 67131 pergerakan pesawat udara per tahunya, dan memiliki hasil Critical Landing Space 1.03 menit per pesawat udara melakukan pergerakan di landas pacu, Hal tersebut membuktikan bahwa kapasitas bandar udara Sentani Jayapura mengalami kapasitas yang sangat jenuh.

R unways are one of the most important components in a system at the airport because the runway is where the aircraft operates for takeoff or landing. The efficiency of runway performance at airports is seen from a variety of operating factors such as the technology used and others. This study aims to determine the level of service capacity in the runway and to know the characteristics of the type of aircraft served by Sentani Jayapura Airport. The method used to calculate runway capacity uses the FAA (American Federal Aviation Administration) method based on aircraft movement data and aircraft characteristics. From the results of calculations using the FAA method, the results that are very influential are Hourly Capacity Base based on the Mix Index data. The results of the next 5 years analilis, namely in 2023, can be obtained from aircraft movements during peak hours of 58 movements per hour and 67131 aircraft movements per year, and have the results of Critical Landing Space 1.03 minutes per aircraft doing movement on the runway, This proves that the airport capacity of Sentani Jayapura has a very saturated capacity.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?