Pengaruh corporate social responsibility terhadap kinerja perusahaan
P enelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari praktik Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan oleh perusahaan terhadap kinerja keuangan perusahaan (dari sudut pandang akuntansi) dan kinerja pasar perusahaan (dari sudut pandang pasar). Dalam penelitian ini, variabel independen CSR yang terdiri dari enam aspek dasar CSR menurut Global Reporting Initiative (GRI) G4, yaitu kinerja ekonomi, kinerja lingkungan, ketenagakerjaan dan tempat kerja, hak asasi manusia, kemasyarakatan, dan tanggung jawab produk akan diuji pengaruhnya terhadap variabel dependen kinerja keuangan perusahaan yang diproksikan oleh penjumlahan Return on Assets (ROA), dan Return On Equity (ROE) dan variabel kinerja pasar perusahaan yang diproksikan oleh Tobin’s Q. Dalam penelitian ini digunakan juga variabel kontrol yaitu size (ukuran perusahaan), growth (pertumbuhan penjualan), dan leverage. Populasi penelitian ini adalah perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2014-2016 dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 22 perusahaan yang ditentukan melalui metode purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji asumsi klasik, sedangkan uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan dua model persamaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa CSR, leverage tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan dan kinerja pasar perusahaan; size berpengaruh negatif terhadap kinerja keuangan perusahaan dan kinerja pasar perusahaan; Growth berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan perusahaan dan kinerja pasar perusahaan.
T his study aims to determine how the effect of the practice of Corporate Social Responsibility (CSR) by companies to the corporate performance, specifically corporate financial performance (accounting-based view) and corporate market performance (market-based view). In this study, the independent variable CSR that consists of six categories of CSR according to Global Reporting Initiative (GRI) G4 namely economical impact, employment, environtment, Social Human Rights, local people, and product responsibilty, will be tested influences on the dependent variable corporate’s financial performance which is proxied by Return on Assets (ROA), and Return On Equity (ROE), and corporate 's market performance which is proxied by Tobin's Q. This study also used control variables, namely firm size, sales growth, and leverage. The population in this study are manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) period in 2014-2016 with the total sample were 22 companies which determined by purposive sampling method. Data analysis in this research carried out by using the classical assumption, whereas hypothesis testing carried out by using multiple linear regression analysis with two-equation model. The research result showing that CSR, leverage have a negative influence on the financial performance and market performance; size have negative influence on the financial performance and market performance; growth have significant positive influence to the financial performance and not-positive influence to the market performance.