Analisis pengaruh corporate social responsibility (csr), kepemilikan keluarga, leverage, return on assets (roa) dan ukuranperusahaan (size) terhadap agresivitas pajak pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2016
P enelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR), kepemilikan keluarga, leverage, Return On Asset (ROA) dan ukuran perusahaan (size) terhadap agresivitas pajak pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2016. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2014-2016. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode purposive sampling, yaitu metode pengambilan sampel yang dilakukan sesuai dengan tujuan penelitian yang telah ditetapkan. Sampel yang didapat 48 perusahaan dengan 144 pengamatan. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan analisis regresi linier berganda dan diolah dengan menggunakan SPSS 24.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Return On Asset (ROA) berpengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak, sedangkan variable Corporate Social Responsibility (CSR), kepemilikan keluarga, leverage dan ukuran perusahaan (size) tidak berpengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak.
T his research is intended to analyze the influence of CSR, family commitment, influence, return on asset (ROA) and firm size to aggressiveness at manufacturing company listed in Indonesia Stock Exchange 2014-2016. This type of research is quantitative by using secondary data. The population in this study are all manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange (BEI) in 2014-2016. This type of research is quantitative by using secondary data. The population in this study are all manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange (BEI) in 2014-2016. Sampling method used in data collection is purposive sampling method, that is the sampling method that is done in accordance with the research objectives that have been determined. Samples obtained by 48 companies with 144 observations. Technique of data analysis in research using multiple linear regression analysis and processed by using SPSS 24.The results of this study indicate that the variable Return On Asset (ROA) has a significant effect on tax aggressiveness, while the disclosure variables Corporate Social Responsibility (CSR), family ownership, leverage and firm size have no significant effect on tax aggressiveness.