Pengaruh pengungkapan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel pemoderasi (studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2017)
P enelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh corporate social responsibility dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan manufaktur yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2017. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling dan diperoleh 55 perusahaan. Data yang dikumpulkan merupakan data sekunder dengan metode dokumentasi melalui www.idx.com. Pengujian dilakukan dengan menggunakan analisis regresi berganda. Alat analisis yang digunakan untuk pengukuran hipotesis adalah SPSS 24.Hasil dari penelitian ini adalah (1) CSR berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. (2) Profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. (3) Profitabilitas memoderasi pengaruh positif CSR terhadap nilai perusahaan.
T his study aims to measure and analyze corporate social responsibility and profitability of the value of manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange. Samples which are companies engaged in the Indonesia Stock Exchange (BEI) for the 2015-2017 period. The sampling technique used was purposive sampling method and obtained 55 companies. The data collected is secondary data with the documentation method through www.idx.com. Testing is done using multiple regression analysis. The analytical tool used to measure hypotheses is SPSS 24.The results of this study are (1) CSR that is positive for the value of the company. (2) Positive profitability towards the value of the company. (3) Profitability moderates the positive influence of CSR on firm value.