Pengaruh ownership structure terhadap pilihan seasoned equity offering (seo) issue method pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)
P enelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh ownership structure terhadap pilihan seasoned equity offering (SEO) issue method pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesian (BEI). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan menggunakan laporan tahunan dan laporan keuangan periode 2010-2016. Penelitian ini menggunakan purposive sampling, yang didapatkan dari semua sektor perusahaan yang terdaftar di BEI dengan sampel yang berbeda-beda setiap tahunnya. Model analisis data yang digunakan yaitu dengan regresi logistik dan regresi berganda. Berdasarkan hasil regresi tersebut, maka didapatkan hasil ownership structure yang diukur dengan managerial ownership berpengaruh positif terhadap pilihan placing (PL) sebagai equity issue method tetapi tidak berpengaruh terhadap SEO price discount, institutional ownership tidak berpengaruh terhadap pilihan placing (PL) sebagai equity issue method dan tidak berpengaruh terhadap SEO price discount. perusahaan dapat mengetahui variabel penting dalam menjalankan perusahaan demi meningkatkan laba perusahaan dan juga ikut menarik investor untuk menanamkan modal pada perusahaan dengan kinerja keuangan baik sebagai cara untuk mendukung perusahaan dalam memperbesar ekspansi perusahaan.
T his study aims to identify The Effect of Ownership Structure on Option Seasoned Equity Offering (SEO) Issue Method on the companies listed in Indonesian Stock Exchange (IDX). The sample used in this study is a company listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) using the annual report and financial statements for the period 2010-2016. This study uses purposive sampling, which is obtained from all sectors of companies listed on the Stock Exchange with different samples each year. Data analysis model used is with logistic regression and multiple regression. Based on the result of the regression, the result of ownership structure measured by managerial ownership has positive effect on placing option (PL) as equity issue method but it has no effect on SEO price discount, institutional ownership has no effect on placing option (PL) as equity issue method and no effect on SEO price discount. companies can know the important variables in running the company to increase corporate profits and also come to attract investors to invest in companies with good financial performance as a way to support the company in expanding the company's expansion.