Pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderating (studi pada perusahaan sektor non-keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2014-2016)
P enelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderating. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor non-keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama 3 tahun periode observasi (2014-2016). Data dikumpulkan menggunakan metode purposive sampling dan pengujian hipotesa menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility (CSR) mempunyai pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dan profitabilitas sebagai variabel moderating tidak dapat mempengaruhi hubungan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan
T his research is meant to examine and analyze the influence of Corporate Social Responsibility (CSR) to the firm value with profitability as the moderating variable. Non-financial sector companies which are listed in the Indonesia Stock Exchange (BEI) for 3 years period of observation (2014-2016) are used as samples in this research. Data is collected by using purposive sampling methods and the hypothesis test is performed by using Moderated Regression Analysis (MRA). The result of this research indicates that Corporate Social Responsibility (CSR) has significant influence to the firm value and profitability as the moderating variable cannot influence the relation of Corporate Social Responsibility (CSR) to the firm value