Perancangan fault tree analysis untuk investigasi human error pada pramudi transjakarta di koridor ix
S alah satu fasilitas transportasi di Provinsi DKI Jakarta adalah bus Transjakarta. Bus Transjakarta dibuat untuk meningkatkan perjalanan penumpang dengan transportasi bus yang aman, nyaman, dan berbudaya. Data kecelakaan yang diperoleh dan PT Transportasi Jakarta di koridor IX sebesar 129 kasus pada tahun 129 dan 145 kasus pada tahun 2013. Faktor penyebab kecelakaan adalah human error, kondisi kendaraan dan lingkungan berdasarkan investigasi yang dilakukan saat terjadi kecelakaan.. Penelitian ini bertujuan untuk merancang model investigasi kecelakaan yang disebabkan oleh human error. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Fault Tree Analysis untuk menentukan akar penyebab kecelakaan dari hasil investigasi yang telah dilakukan dan metode Human Error Assessment And Reduction Technique untuk mengetahui probabilitas kesalahan pada pramudi bus Transjakarta. Penelitian ini, menghasilkan akar penyebab kecelakaan karena human error pramudi bus Transjakarta dan pengendara lain. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa akar penyebab kecelakaan pada bus menabrak atau menyerempet kendaraan bermotor di jalur busway dan di persimpangan yang terbesar adalah telat menginjak rem dengan nilai Human Error Probability sebesar 0,986.
O ne of the transportation facilities in DKI Jakarta Province is Transjakarta bus. Transjakarta buses are made to enhance passenger travel with safe, convenient and cultured bus transportation. Accident data obtained and PT Transport Jakarta in corridor IX amounted to 129 cases in 129 and 145 cases in 2013. Factors that cause accidents are human error, vehicle and environmental conditions based on investigations conducted in the event of an accident .. This study aims to design the model Accident investigation caused by human error. The method used in this research is Fault Tree Analysis to determine root cause of accident from result of investigation which have been done and method of Human Error Assessment And Reduction Technique to know probability of error at Transjakarta bus driver. This study, resulted in the root causes of accidents due to human error bus driver Transjakarta and other drivers. The results also show that the root causes of accidents on buses hit or grazed motor vehicles in the busway lanes and at the largest intersections were late braking with the value of Human Error Probability of 0.986.