Perancangan sistem pendukung keputusan pada pengendalian persediaan suku cadang krl di pt. kereta commuter indonesia
P engambilan keputusan dalam manajemen persediaan memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga tingkat persediaan yang efektif dan memastikan ketersediaan barang secara berkelanjutan dalam suatu industri. PT. Kereta Commuter Indonesia merupakan salah satu perusahaan MRO yang melakukan perawatan terhadap Kereta Rel Listrik (KRL). Dalam manajemen persediaan suku cadang untuk perawatan KRL, pengambilan keputusan untuk menentukan jumlah kebutuhan dan pemesanan suku cadang ditemukan masih belum sistematis dan belum terdapat model perhitungan di dalam prosesnya. Permasalahan tersebut berdampak pada pengambilan keputusan yang lama dan hasil yang kurang akurat. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem pendukung keputusan (SPK) dalam pengendalian persediaan suku cadang KRL. Penelitian ini diawali dengan analisis PIECES (Performance, Information, Economy, Efficiency, Control, Service) untuk memahami kebutuhan sistem. SPK tersebut terdiri dari 4 submodel, yaitu model peramalan permintaan suku cadang dengan simulasi Monte Carlo (Submodel 1), model penentuan parameter s & Q dari metode continuous review (s,Q) (Submodel 2), model evaluasi skenario pengendalian berdasarkan kriteria total biaya dan service level (Submodel 3), dan model pengambilan keputusan skenario pengendalian berdasarkan metode simple additive weighting (Submodel 4). Prototype SPK dibangun menggunakan bahasa pemrograman Python berbasis Streamlit untuk dilakukan pengujian sistem. Hasil pengujian prototype SPK melalui pengujian black box dan validasi submodel menggunakan suku cadang KUR 12313 menunjukkan bahwa sistem mampu memberikan keputusan dalam menentukan kebutuhan dan pemesanan suku cadang dengan cepat dan memberikan hasil yang akurat. Kesimpulannya, SPK yang dirancang dapat diimplementasikan pada sistem pengendalian persediaan yang dimiliki perusahaan dapat dapat digunakan pada semua jenis suku cadang KRL.
D ecision-making in inventory management has a very important role in maintaining effective inventory levels and ensuring the sustainability of goods inventory of an industry. PT. Kereta Commuter Indonesia is one of the MRO companies that carries out maintenance on Electric Rail Trains (KRL). In spare parts inventory management for KRL maintenance, decision making to determine the quantity needed and order spare parts was found to be still not systematic and no calculation model is implemented in the process. This problem results in a time-consuming decision making and inaccurate decision results. This research aims to design a decision support system (DSS) for KRL spare parts inventory control. The research begins with a PIECES (Performance, Information, Economy, Efficiency, Control, Service) analysis to understand system requirements. The designed DSS consists of 4 sub-models, which are 1) spare parts demand forecasting model with Monte Carlo simulation, 2) s & Q parameter calculation model for continuous review system, 3) inventory control scenario evaluation model based on total cost and service level criteria, and 4) decision assessment model with simple additive weighting method. The prototype of DSS is built using the Streamlit-based Python programming language for testing the system. The results of testing the DSS prototype using black box method and sub-model validation with a sample from KUR 12313 spare part shows that the system is able to provide decisions quickly and accurately in determining needs quantity and spare parts order quantity. In conclusion, the designed DSS can be implemented in the inventory control system owned by the company and can be used for all types of KRL spare parts.