Pengaruh pengungkapan corporate social responsibility, mekanisme good corporate governance dan kualitas audit terhadap manajemen laba
P enelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh Pengungkapan CorporateSocial Responsibility, Mekanisme Good Corporate Governance dan KualitasAudit terhadap Manajemen Laba pada sektor konsumsi, sektor non konsumsi,sektor dasar material, sektor industri dan sektor energi yang terdaftar di BursaEfek Indonesia (BEI) tahun 2018-2022. Metode pengambilan sampelmenggunakan purposive sampling dan metode yang digunakan dalam penelitianini adalah analisis regresi linier berganda. Jumlah sampel dalam penelitian inisebanyak 35 perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapancorporate social responsibility berpengaruh negatif tidak signifikan terhadapmanajemen laba, dewan komisaris berpengaruh positif tidak signifikan terhadapmanajemen laba, komite audit berpengaruh negatif signifikan terhadapmanajemen laba, kepemilikan manajerial berpengaruh positif tidak signifikanterhadap manajemen laba dan kualitas audit berpengaruh positif tidak signifikanterhadap manajemen laba.
T his research was conducted to examine the effect of Corporate SocialResponsibility Disclosure, Good Corporate Governance Mechanisms, andAudit Quality on Profit Management in the consumption sector, nonconsumption sector, basic materials sector, industrial sector, and energy sectorwhich are listed in the Indonesia Stock Exchange (IDX) in 2018- 2022. Thesampling method used purposive sampling and the method used in this studywas multiple linear regression analysis. The number of samples in this studywas 35 companies. The results of this study indicate that disclosure ofcorporate social responsibility has no significant negative effect on earningsmanagement, the board of commissioners has no significant positive effect onearnings management, audit committees have a significant negative effect onearnings management, managerial ownership has no significant positive effecton earnings management and audit quality has a positive effect not significantto earnings management