Pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas
T ujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai variabel moderasi pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia(BEI) selama tahun penelitian yaitu tahun 2014-2016. Pemilihan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling, dan didapatkan sampel sebanyak 126 sampel yang berfokus terdiri dari perusahaan manufaktur untuk tahun 2014-2016. Sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan tahunan perusahaan dan laporan keuangan perusahaan yang diperoleh dari situs perusahaan serta situs Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id). Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model regresi berganda dengan bantuan aplikasi olah data SPSS (Statistical Program for SocialScience). Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) corporate social responsibility berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, (2) profitabilitas tidak berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, (3) profitabilitas mampu memoderasi hubungan variable corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan.
T he purpose of this study is to analyze the influence of Corporate Social Responsibility on Corporate Value with Profitability as a moderating variable in companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX). The population in this study is a company listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) during the year of research is 2014-2016. Selection of research sample using purposive sampling method, and got sample as much as 126 samples which focused consist of manufacturing company for year 2014-2016. Sources of data in this study are secondary data in the form of company annual report and corporate financial statements obtained from the company website and the Indonesia Stock Exchange site (www.idx.co.id). The data analysis method used in this research is multiple regression model with the help of SPSS data analysis application (Statistical Program for SocialScience). The result of research shows that (1) corporate social responsibility has positive effect to firm value, (2) profitability has no positive effect to firm value, (3) profitability able to moderate correlation of corporate social responsibility variable to company value.