Pengaruh leader attention scope terhadap innovation ambidexterity yang dimediasi oleh transformational leadership pada karyawan PT. Ultrajaya Milk Tbk. di Bandung
P enelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengukur pengaruh Leader Attention Scope terhadap Innovation Ambidexterity yang dimediasi oleh Transformational Leadership. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Leader attention scope, variabel intervening dalam penelitian ini adalah Transformational Leadership, sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah Innovation ambidexterity. Data diperoleh langsung melalui penyebaran kuesioner kepada 146 responden Karyawan Divisi produksi, pemasaran dan research development. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan alat analisis SEM (Sturctural Equation Model).Metode pengumpulan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan non-probability sampling dan pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu penarikan sampel berdasarkan pada pertimbangan-pertimbangan tertentu, di mana sampel yang dipilih sesuai dengan kriteria penelitian (Hermawan, 2013), kriteria pemilihan yang sesuai dengan penelitian ini adalah karyawan Divisi produksi, pemasaran, dan research development pada PT Ultrajaya Milk Industry, Tbk di Bandung.Hasil temuannya adalah Leader Attention Scope berpengaruh positif terhadap Transformational Leadership dengan nilai estimasi 0,610, Transformational Leadership berpengaruh positif terhadap Innovation Ambidexterity dengan nilai estimasi sebesar 0.251, Leader Attention Scope berpengaruh positif terhadap Innovation Ambidexterity dengan nilai estimasi sebesar 0.192, Leader Attention Scope berpengaruh positif terhadap Innovation Ambidexterity yang dimediasi oleh Transformational Leadership nilai estimasi sebesar 0.153.Saran untuk penelitian lebih lanjut agar menambahkan variabel leader psychology dan organizational strategy yang mempengaruhi perkembangan dari Transformational Leadership seperti kondisi politik, sosial, budaya, dan ekonomi suatu negara serta kebijakan pemilik perusahaan (perusahaan keluarga dan perusahaan terbuka) yang belum diikut sertakan sebagai variabel yang diteliti pada skripsi ini. Selain itu, penelitian dapat dilakukan di sektor manufaktur lainnya seperti industry textile, otomotif, dan perangkat elektronik.
T his study aims to identify and measure the influence of Leader Attention Scope on Innovation Ambidexterity mediated by Transformational Leadership. The independent variables in this study is the Leader Attention Scope, an intervening variable in this study is the Transformational Leadership while the dependent variable in this study is the Innovation Ambidexterity. Data obtained directly by distributing questionnaires to 146 respondents Production, marketing and research development. This research using SEM analysis tool (Structural Equation Model).Sample collection method used in this research is with non-probability sampling and sampling by using purposive sampling technique that is withdrawal sample based on certain considerations, where the selected sample according to the research criteria (Hermawan, 2013), the selection criteria according to this research is employee Division of production, marketing, and research development at PT Ultrajaya Milk Industry, Tbk in Bandung.The findings are the Leader Attention Scope has a positive influence on Transformational Leadership with estimated value of 0,610, Transformational Leadership has a positive influence on Innovation Ambidexterity with the estimated value of 0.251, Leader Attention Scope has positive effect on Innovation Ambidexterity with the estimated value of 0.192, Leader Attention Scope has positive effect on Innovation Ambidexterity mediated by Transformational Leadership with estimated value of 0.153. Suggestions for further research to add variables leader psychology dan organizational strategy factors that influence the development of Transformational Leadership such as the political, social, cultural, and economic conditions of a country as well as the policy of the owners of the company (family companies and open companies) that have not been included as variables which is examined in this thesis. In addition, research can be done in other manufacturing sectors such as textile industry, automotive, and electronic devices.