DETAIL KOLEKSI

Pengaruh tekanan, kesempatan, dan rasionalisasi terhadap perilaku kecurangan akademik mahasiswa pada saat ujian dan tindakan pencegahannya

0.0


Oleh : Clara Clarissa Herman

Info Katalog

Nomor Panggil : 2017_TA_AK_023132128

Penerbit : FEB - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2017

Pembimbing 1 : Antonius Supardi

Subyek : Financial statement fraud;Academic cheating

Kata Kunci : pressure, opportunity, rationalization, student academic cheating behavior, exam, preventive actions

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2017_TA_AK_023132128_Halaman-judul.pdf 18
2. 2017_TA_AK_023132128_Bab-1.pdf 8
3. 2017_TA_AK_023132128_Bab-2.pdf
4. 2017_TA_AK_023132128_Bab-3.pdf
5. 2017_TA_AK_023132128_Bab-4.pdf
6. 2017_TA_AK_023132128_Bab-5.pdf
7. 2017_TA_AK_023132128_Daftar-pustaka.pdf
8. 2017_TA_AK_023132128_Lampiran.pdf

P enelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh tekanan,kesempatan, dan rasionalisasi terhadap perilaku kecurangan akademikmahasiswa pada saat ujian dan tindakan pencegahannya di lingkungan SekolahTinggi Widya Dharma Pontianak. Sampel yang digunakan dalam penelitian iniberjumlah 186 responden. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampeladalah teknik simple random sampling. Teknik pengolahan data yang digunakanadalah statistic deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah (1) tekanan danrasionalisasi memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap perilakukecurangan akademik mahasiswa pada saat ujian. (2) kesempatan tidak memilikipengaruh positif yang signifikan terhadap perilaku kecurangan akademikmahasiswa pada saat ujian. Beberapa tindakan pencegahan dirasakan efektifdalam mengendalikan perilaku kecurangan akademik apabila diterapkan denganbaik oleh pihak sekolah tinggi. Tindakan tersebut antara lain memberikan sanksiyang tegas atas tindakan kecurangan yang terjadi, dosen menjelaskan tata tertibperkuliahan termasuk konsekuensi apabila melanggar tata tertib, dan dosen tidakmemberikan materi ujian/tugas yang terlalu banyak atau sulit.

T he objective of the empirical study is to examine and to analyze the effect ofpressure, opportunity, and rationalization to students’ academic cheatingbehavior and the preventive actions in Widya Dharma Academy at Pontianak.The sample of this empirical study is 186 respondents. Technique used insampling is simple random sampling. Technique used in data processing isdescriptive statistics. The result of this empirical study are (1) pressure andrationalization have a significant positive impact to the student academiccheating behavior during exam. (2) opportunity has no significant positiveimpact to the student academic cheating behavior during exam. There are somepreventive actions considered to be effective to control student academiccheating behavior if implemented well by academy, such as impose strictsanctions for every cheating behavior, explain the regulation including theconsequences of violation, and do not give too much or difficult test or taskmaterials.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?