Analisis pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi pada perusahaan tambang yang terdaftar di BEI tahun 2013-2015
P enelitian ini bertujuan untuk menguji apakah Corporate Social Responsibility dan Profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan dan apakah profitabilitas merupakan variabel pemoderasi antara Corporate Social Responsibility dan nilai perusahaan. Sampel penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI periode 2013 – 2015, menggunakan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini berasal dari data sekunder diperoleh melalui teknik dokumentasi. Analisis data dengan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini yaitu Corporate Social Responsibility tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dan profitabilitas mampu memoderasi hubungan Corporate Social Responsibility dengan nilai perusahaan.
T he study aimed to test whether the Corporate Social Responsibility and profitability affect the corporate value and whether the profitability is moderating variable between Corporate Social Responsibility and corporate value. Sampling technique used in this research is purposive sampling with criteria listed in Indonesia Stock Exchange in 2013 to 2015. The data in study comes from the secondary data obtained through the documentation technique. Data analysis with multiple regression. The results of multiple linear regression analysis showed that Corporate Social Responsibility has no influence on corporate value, profitability has influence on corporate value and profitability can moderates relationship of Corporate Social Responsibility and profitability.