Efek budaya organisasi dan struktur sebagai faktor-faktor pendukung manajemen pengetahuan terhadap kesuksesan sistem ERP dengan penciptaan pengetahuan sebagai variabel perantara : persepsi pengguna akhir
M emiliki sistem Enterprise Resource Planning (ERP) sebagai sisteminformasi yang terintegrasi akan memberikan keuntungan kompetitif bagiperusahaan. Namun, sebagian besar perusahaan gagal dalam mengimplementasikansistem ERP. Penelitian ini berfokus pada penciptaan pengetahuan dan bagaimanakontribusinya terhadap kesuksesan sistem ERP. Pengetahuan merupakan sumberdaya perusahaan yang dapat digunakan untuk mempertahankan keuntungankompetitif dan telah diidentifikasi sebagai faktor penting untuk kesuksesan ERP.Faktor-faktor pendukung manajemen pengetahuan yang diteliti adalah budaya danstruktur organisasi. Peneliti menggunakan kartu skor berimbang untuk mengukurkesuksesan sistem ERP.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana faktor-faktorpendukung manajemen pengetahuan dan penciptaan pengetahuan berpengaruh padakesukesesan sistem ERP. Dalam penelitian ini terdapat 120 responden dari 8perusahaan di Indonesia. Dapat disimpulkan bahwa sebagai faktor-faktorpendukung manajemen pengetahuan, budaya dan struktur organisasi memiliki efekpositif terhadap kesuksesan sistem ERP melalui penciptaan pengetahuan.
H aving Enterprise Resource Planning (ERP) system as an integratedinformation system will give a competitive advantage to an organization. However,majorly firms failed in implementing ERP system. This research focused onknowledge creation and it contribution to the ERP success. Knowledge is a firm’sresources that can be used to sustain a competitive advantage and has beenidentified as a critical factor to ERP success. Knowledge management enablers thatwill be examined are organizational culture and structure. The author used balancedscore card to measure ERP success.This study aims to investigate how knowledge management enablers andknowledge creation relate to ERP success. The involved survey contains 120respondents from 8 companies which located in Indonesia. The result of thisresearch confirmed that as knowledge management enablers, organizational cultureand structure had positive impact on ERP success through knowledge creation.