Pengaruh dimensi knowledge management terhadap employee Job satisfaction pada PT. Bangun Bumi Megatama Mandiri, di Jakarta
P enelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh dimensiknowledge management terhadap employee job satisfaction. Dimensi knowledgemanagement tersebut yaitu knowledge acquisition, knowledge sharing, knowledgecreation, knowledge codification dan knowledge retention pada PT. Bangun BumiMegatama Mandiri, di Jakarta. Perusahaan tersebut bergerak dalam bidangkonstruksi bangunan. Seluruh dimensi knowledge management berperan sebagaivariabel independen, dan employee job satisfaction berperan sebagai variabeldependen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 133 responden dan dikumpulkan dengan metode convenience sampling. Pengujian dilakukan dengan menggunakan metode Regresi Linear Berganda. Hasil dari penelitian ini adalah dari dimensi knowledge management yaitu (1) knowledge acquisition, menunjukkan dengan hasil nilai statistik deskriptif sebesar 4.50 (2) knowledge sharing, menunjukkan dengan hasil nilai statistik deskriptif sebesar 4.22 (3) knowledge creation, menunjukkan dengan hasil nilai statistik deskriptif sebesar 4.23 (4) knowledge codification menunjukkan dengan hasil nilai statistik deskriptif sebesar 4.17 (5) knowledge retention menunjukkan dengan hasil nilai statistik deskriptif sebesar 4.10 yang menunjukkan pengaruh terhadap employee job satisfaction, dan responden memiliki pernyataan sangat setuju terhadap employee job satisfaction ditunjukkan dengan nilai statistik deskriptif sebesar 4.10
T he subject of the empirical study is to examine and to analyze the influence ofknowledge management dimension on employee job satisfaction. The dimensions of knowledge management are knowledge acquisition, knowledge sharing, knowledge creation, knowledge codification and knowledge retention at PT. Bangun BumiMegatama Mandiri, in Jakarta. The company is engaged in building construction.All dimensions of knowledge management act as independent variables, andemployee job satisfaction acts as a dependent variable. The sample used in this study amounted to 133 respondents and collected by convenience sampling method. The test is done by using Linear Multiple Regression method. The result of this research is from the knowledge management dimension that is (1) knowledge acquisition, showing with descriptive statistic value of 4.50 (2) knowledge sharing, showing with descriptive statistic value of 4.22 (3) knowledge creation, showing by descriptive statistic 4.17 (5) knowledge retention shows with descriptive statistic value of 4.10 which shows the effect on employee job satisfaction, and respondents have a statement strongly agree to employee job satisfaction indicated by the value of statistics Descriptive of 4.10.