DETAIL KOLEKSI

Perancangan dan pengembangan backpack yang ergonomis dan multi fungsi

2.2


Oleh : Agie Satria Chandra

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2011

Pembimbing 1 : Nataya Charoonsri

Subyek : Human engineering;Backpack - design

Kata Kunci : backpack, design and development product, ergonomic, inovativ, appropriate and economical

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2011_TA_TI_06307098_1_Halaman-Judul.pdf
2. 2011_TA_TI_06307098_2_Bab1.pdf
3. 2011_TA_TI_06307098_3_Bab2.pdf
4. 2011_TA_TI_06307098_4_Bab3.pdf
5. 2011_TA_TI_06307098_5_Bab4.pdf
6. 2011_TA_TI_06307098_6_Bab5.pdf
7. 2011_TA_TI_06307098_7_Bab6.pdf 5
8. 2011_TA_TI_06307098_8_Daftar-Pustaka.pdf 2
9. 2011_TA_TI_06307098_9_Lampiran.pdf

T as merupakan perangkat pendukung aktivitas manusia dan telah dikenal secara luas. Berdasarkan penelitian pendahulu yang diterapkan dengan menggunakan tiga metode pengumpulan data (kuisioner, penelusuran melalui interne dan studi pustaka), tas yang paling banyak digunakan adalah tas dengan jenis backpack atau ransel. Tas backpack banyak digemari karena unggul dalam beberapa faktor, diantaranya : kemudahan dalam pemakaian, efektifitas dan kenyamana. Terdapat 53% dan responden menyatakan ketidakpuasan terhadap desain backpack yang ada. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk menciptakan desain tas yang dapat memenuhi keinginan pasar dengan mengedepankan aspek ergonomis, ekonomis, inovatif serta durabilitas yang baik. Penelitian dilaksanakan berdasarkan kaidah-kaidah ilmu perancangan dan pengembangan produk (P2). Langkah-langkah yang digunakan adalah : mengumpulkan data mentah dan pengguna langsung (customer statement), menerjemahkannya menjadi customer needs, menentukan spesifikasi target yang hendak dicapai berkaitan dengan kebutuhan konsep desain, mencari ciri khas tas dengan melakukan benchmarking terhadap produk kompetitor, menentukan konsep terpilih, membuat rancangan proses manufaktur (biaya, tenaga kerja, kebutuhan waktu serta bahan baku yang digunakan), hingga membuat prototipe tas backpack untuk diimplementasikan. Tahap implementasi yang ditargetkan selesai pada akhir bulan Oktober 2011 ini, digunakan untuk mencari tahu opini para pengguna mengenai desain backpack ini. Indikasinya adalah apakah desain backpack ini sudah memenuhi kebutuhan para pengguna, apakah para pengguna sudah merasa puas dan dimana letak kekurangan jika masih ada. Pasar yang menjadi target utama adalah masyarakat dengan rentang usia antara 17 hingga 40 tahun, yang didominasi oleh pelajar, mahasiswa dan pekerja kantoran. Fungsi utama tas backpack ini adalah untuk melengkapi kegiatan sehari-hari, seperti : Sekolah, kuliah dan pergi bekerja, dengan fungsi tambahan sebagai penunjang perjalanan jarak jauh (traveling, hiking dan backpacking), bepergian santai (fashion), olalu-aga dan lainnya

B ag is a device supporting human activities and have been widely recognized. Based on applied research predecessors by using three methods of data collection (Questionir, Browse in wide world and literature study), the most widely used bag is a backpack Backpack favored because it has many advantages, such as : An ease of use, effective and comfort. About 53% of respondents said that they didn't get satisfaction from the design of an existing backpack. Then, this reasearch aims to create a backpack design that can meet market demand with emphasis on ergonomic aspects, economical, inovativ and has a good durability. This research conducted under the rules of design and development product discipline. The steps that are used are : Collects a raw data from the users (know as a customer statement), then turn it into a customer needs, specify the target to be achieved related to the needs of the design concept, search for a characteristic by using benchmarking against competitors' product, determine the selected concept, create the design concept of manufacturing (labor costs, the need for time and materials used), until produced a prototype of the backpack to be implemented. This implementation phase that targeted for completion in late October 2011, used to figure out the users opinion about this backpack design. The indicators are wether the design of this backpack has met the needs of the users, wether they felt satisfied about this backpack design and where is the shortage points lies if they still have any. The primary market is community with an age range between 17 to 40 years, that dominated with students in high school, students in college and employers. The main function of this backpack is to complement the daily activities, such as : Go to school, college and go to work, with additional functions as supporting of long distance travel (traveling, hiking and backpacking), leisurely traveling (fashion activities), sports and others.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?