Pengaruh green strategy dan green investment terhadap carbon emission disclosure dengan media exposure sebagai variabel pemoderasi
P enelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Green Strategy dan Green Investmentterhadap Carbon Emission Disclosure dengan Media Exposure sebagai Variabel Pemoderasi. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keberlanjutan dan laporan tahunan. Populasi penelitian yaitu perusahaan sektor energi, sektor transportasi serta logistik, sektor infrastruktur, dan sektor basic material atau barang baku yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2019 – 2021. Metode pengambilan data pada penelitian ini yaitu purposive sampling. Metode pengumpulan yaitu data unbalance karena di setiap perusahaan memilki jumlah pengamatan yang berbeda dalam periode penelitian. Sampel yang telah memenuhi kriteria sebesar 290 data perusahaan selama tahun 2019 – 2021. Metode analisi data yang digunakan metode analisis data kuantitatif dengan menggunakan SPSS versi 22 untuk melakukan pengolahan data dengan analisis linear berganda Hasil yang diperoleh dari penelitian ini bahwa pengaruh green strategy berpengaruh positif terhadap carbon emission disclosure. Pengaruh green investment tidak berpengaruh positif terhadap carbon emission disclosure. Media exposure mampu memperkuat pengaruh green investment terhadap carbon emission disclosure, namun tidak mampu memperkuat pengaruh green strategy terhadap carbon emission disclosure
T his study aims to examine the effect of Green Strategy and Green Investment on CarbonEmission Disclosure with Media Exposure as a Moderating Variable. This study uses secondarydata obtained from sustainability reports and annual reports. The research population iscompanies in the energy sector, the transportation and logistics sector, the infrastructure sector,and the basic material or raw goods sector which are listed on the Indonesia Stock Exchange(IDX) for the period 2019 – 2021. The data collection method in this study was purposive sampling.The collection method is unbalanced data because each company has a different number ofobservations in the study period. The sample that meets the criteria is 290 company data for 2019– 2021. The data analysis method used is the quantitative data analysis method using SPSS version22 to perform data processing with multiple linear analysisThe results obtained from this study are that the influence of the green strategy has apositive effect on carbon emission disclosure. The effect of green investment has no positive effecton carbon emission disclosure. Media exposure is able to strengthen the effect of green investmenton carbon emission disclosure, but is unable to strengthen the effect of green strategy on carbon emission disclosure