Faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan corporate social responsibility dan pengaruhnya terhadap kinerja keuangan pada perusahaan consumer goods di Bursa Efek Indonesia
P enelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji faktor-faktor yang dapatmempengaruhi pengungkapan corporate social responsibility dan pengaruhnyaterhadap kinerja keuangan pada perusahaan barang konsumsi yang terdaftar di BursaEfek Indonesia. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 33 perusahaanbarang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode tahun 2017-2021. Variabel independen yang digunakan pada penelitian ini yaitu ukuranperusahaan, sensitivitas industri, kepemilikan pemerintah, likuiditas, dan umurperusahaan, serta variabel dependen nya adalah CSRD, ROA, dan ROE. Likuiditasberpengaruh positif terhadap CSRD. Ukuran perusahaan, sensitivitas industri,kepemilikan pemerintah, dan umur perusahaan tidak berpengaruh terhadap CSRD.Lalu CSRD berpengaruh positif terhadap ROE. Dan CSRD tidak berpengaruhterhadap ROA. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan gambaran bagiperusahaan barang konsumsi untuk meningkatkan likuiditas perusahaan dan lebihmemperhatikan dan melakukan kegiatan CSR dengan benar mengikuti ISO 26000sehingga komponen CSR yang diungkapkan akan semakin banyak.
T his study was conducted with the aim of testing factors that can affect thedisclosure of corporate social responsibility and its effect on financial performance inconsumer goods companies listed on the Indonesia Stock Exchange. The samples usedin this study were 33 consumer goods companies listed on the Indonesia StockExchange in the 2017-2021 period. The independent variables used in this study arecompany size, industry sensitivity, government ownership, liquidity, and companyage, and the dependent variables are CSRD, ROA, and ROE. Liquidity has a positiveeffect on CSRD. The size of the company, the sensitivity of the industry, governmentownership, and the age of the company have no effect on CSRD. Then CSRD has apositive effect on ROE. And CSRD has no effect on ROA. The results of this studyare expected to be able to provide an overview for consumer goods companies toincrease company liquidity and pay more attention and carry out CSR activitiescorrectly following ISO 26000 so that the CSR components disclosed will be moreand more.