Peranan desain komunikasi visual dalam perancangan buku ilustrasi visualisasi lagu anak Ciptaan A.T.Mahmud
L agu anak saat ini sudah jarang dinyanyikan kembali oleh anak-anak pada usianya, anak-anak lebih banyak mengetahui lagu yang bukan untuk umurnya dan lebih tertarik dengan lagu-lagu dewasa. Sebagai pencipta lagu anak, berpendapat bahwa paling sedikit kejanggalan ini disebabkan jarangnya produksi lagu anak oleh seniman musik, pengaruh media masa, banyaknya produsen seni musik tidak lagi memproduksi lagu anak-anak. Lagu anak-anak adalah ragam suara yang berirama dapat diiringi oleh instrumen musik yang isi liriknya adalah berkisah tentangpengalaman, kejadian yang dialami oleh anak-anak. Lagu anak memiliki melodi, irama dan ritme yang sederhana, sehingga mudah dan dapat dipelajari. Isi lagu berisikan ungkapan kasih saying, pengetahuan, cita-cita, nasehat, dan cerita- cerita yang sesuai dengan dunia anak-anak.Pendidikan formal merupakan faktor pengaruh yang dominan pada pembentukan pendidikan karakter pada usia dini, maka perlunya media buku untuk menyampaikan pesan. Namun, buku yang menarik bagi anak usia dini adalah buku yang memiliki kesesuaian konteks dan ilustrasi . Melalui media buku diharapkan informasi yang ingin disampaikan dapat dimengerti. Karena buku merupakan sumber informasi yang akurat.Dengan dibuatnya buku anak dan memvisualisasikan lagu kedalam visual, anak- anak dapat membaca dongeng sambil bernyanyi. Peran orang tua juga sangat dibutuhkan agar mendapatkan ikatan yang cukup untuk memberikan bacaan pada anak agar imajinasi anak terbentuk dengan baik. Dengan menyajikan bacaan, anak juga dapat terhindar dari penggunaan gadget yang berlebihan, anak juga dapat lebih aktif dalam dunia sosial, bernyanyi juga dapat mengembangkan imajinasi anak dan lebih tumbuh dan berkembang.Peranan desain komunikasi visual sangat dibutuhkan untuk membuat ilustrasi dan merepresentasikan lagu kedalam bentuk visual dan menjadi sebuah cerita yang dapat dimengerti oleh anak-anak.
C hildren's songs nowadays are rarely sung by children at their age, children know more about songs which not for their age and they’re more interested in adult songs. As the creator of children's songs, argues that at least discrepancy is due to the lack of production of children's songs by music artists, the influence of the mass media, many music art producers no longer produce children's songs. Children's songs are a variety of rhythmic sounds that can be accompanied by musical instruments whose contents of the lyrics are about experiences, events experienced by children. Children's songs have simple melodies, rhythms and rhythms, so they are easy listening and can be learned. The contents of the song containing such as expressions of affection, knowledge, ideals, advice, and stories that are appropriate the world of children.Formal education is a dominant influence factor on the formation of character education at an early age, hence the need for a media book to convey a message. However, the books that are interesting for children are books that have context and illustration suitability. Through the book media hope that the information to be conveyed can be understood. Because books are a source of accurate information.By making children's books and visualizing songs into visuals, children can read fairy tales while singing. The role of parents is also very necessary in order to get enough ties to give reading to children so the child's imagination is well formed. By presenting readings, children can also avoid excessive use of gadgets, children can also be more active in the social world, singing can also develop children's imagination and grow and develop more.The role of visual communication design is needed to make illustrations and represent songs into visual form and become a story that can be understood by children.