Pengaruh online reviews terhadap online hotel booking intentions pada online travel agent lokal
P enelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari online reviews yang terdiridari dimensi usefulness of online review, reviewer expertise, timeliness of onlinereviews, volume of online reviews, valence of online review (positive & negative) dancomprehensiveness of online review terhadap online hotel booking intention padaonline travel agent lokal.Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini berupa metode uji hipotesis, yangbertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh antara variabel independenterhadap variabel dependen, dengan menggunakan metode analisis regresi berganda.Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif usefulness ofonline review, reviewer expertise, timeliness of online reviews, positif online reviewdan comprehensiveness of online review terhadap online hotel booking intention; (2)Terdapat pengaruh negatif negative online review terhadap online hotel bookingintention (3) Tidak terdapat pengaruh volume of online reviews terhadap online hotel booking intention.Implikasi manajerial dari penelitian ini adalah bahwa industri perhotelan dan startuponline travel agent bisa meningkatkan manajemen ulasan konsumen denganmenerapkan enam dimensi yang membentuk online reviews dalam penelitian ini,dengan tujuan untuk meningkatkan niat membeli konsumen dan bagi para praktisibagaimana untuk lebih memanfaatkan ulasan online sebagai alat pemasaran danpengambilan keputusan.