Peranan desain komunikasi visual dalam perancangan buku ilmu pengetahuan alam untuk anak dengan teknik buku lift the flap
D itinjau dari psikologi perkembangan, usia anak merupakan usia emasproses pembelajaran. Faktanya, anak usia 6 sampai 9 tahun yang tengah berada dalam masa peralihan dari prasekolah (TK) ke sekolah dasar (SD) sudah dituntut mengembangkan berbagai keterampilan dasar yang sifatnya akademis. Hal inidisebabkan sistem pembelajaran di awal sekolah dasar yang sudah bersifat mengedepankan logika. Dampaknya anak jadi terpasung di meja belajar hanya untuk menyimak penjelasan guru mengenai materi pelajaran. Sehingga anak jadi kurang terlatih mengembangkan kemampuan analisis dan berpikir kreatif. Perancangan buku Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) ini menggunakan analisis desain berdasarkan data dan referensi. Data menggunakan wawancara terhadap murid dan guru dari sampel sekolah dari Sekolah Dasar Negeri Polisi 1 Kota Bogor. Referensi berdasarkan buku lift the flap yang sudah ada dipasaran dan buku paket Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas 3 Sekolah Dasar (SD). Hasil analisis saat ini diperlukannya sebuah buku pendamping yang lebih kreatif dan interaktif dengan memakai teknik lift the flap. Teknik lift the flap ini dapat mempermudah anak untuk memahami bukan menghafal. Dengan didukung visual yang menarik seperti ilustrasi, warna, dan materi yang sederhana disesuaikan dengan usianya mempermudah untuk memotivasi anak belajar mandiri.
J udging from developmental psychology, child's age is the age emasproses learning. In fact, children aged 6 to 9 years old who were in transition from preschool (kindergarten) to elementary school (SD) is required to develop the basic skills that are academically. It inidisebabkan early learning system in elementary schools already are forward logic. The impact children become stuck at a desk just to listen to the teacher's explanation regarding the subject matter. So that children become less trained to develop analytical skills and creative thinking. The design of the book Natural Sciences (IPA) is using design analysis based on data and references. Data using interviews with students and teachers from the school sample of State Elementary School 1 Bogor City Police. Reference based lift the flap books currently on the market and textbooks of Natural Sciences (IPA) grade 3 elementary school (SD). The results of the current analysis of the need for a companion book that is more creative and interactive by using techniques lift the flap. Mechanical lift the flap may make it easier for the child to understand not memorize. With the support of visually interesting as an illustration, color, and material that is adapted to his age makes it simple to motivate children to learn independently.