Peranan desain komunikasi visual dalam perancangan komunikasi visual buku Street Fashion di Dalam Negeri
P olhemus dan Procter menyebutkan bahwa "dalam masyarakat kontemporer barat, istilah fashionkerap digunakan sebagai sinonim dari istilah dandanan, gaya dan busana" (Malcolm Barnard, Fashionsebagai komunikasi). Namun pada dasarnya fashionberfungsi sebagai penutup,perlindungan, kesopanan,dan daya tarik.Fashionmerupakan bentuk ragam terbaru dalam suatu siklus waktu tertentu yang dapat berubah dengan cepat. Fashiondapat mencerminkan dengan jelas seperti apa orang tersebut secarakeseluruhan. Mode ataupun fashionterdapat diberbagai macam bentuk, misalnya; tata berpakaian, corak hiasan, potongan rambut, desain mebel, gaya lukisan,dan lain lain. Fashiondalam tata berpakaiandimetaforakan sebagai kulit sosial yang membawa pesan dari gaya hidup suatu komunitas atau suatu individu tertentu. Street fashionadalah salah satu dari gaya atau mode yang tidak berasal dari sebuah studio maupun katalog merek tertentu. Gaya tersebut berasal dari kreativitas seseorang dalam memadupadankan berbagai jenis pakaian menjadi terlihat unik tanpa melihat mode ataupun tren berpakaian terkini. Street fashionsangatlah berhubungan dengan anak muda untuk menonjolkan diri mereka diantara orang lain dan juga untuk mengekspresikan kepribadian mereka.