Kualitas udara di ruang parkir bawah tanah kampus A (gedung K,I,H,) & Kampus B dgn parameter partikulat & Pb
T elah diketahui bahwa pengoperasian kendaraan bermotor menghasilkan gas buang berupa gas (CO, Nox, dan HC) dan partikel (deb asap dan logam Pb) sebagai basil pembakaran bahan bakar minyak. Emisi gas buang tersebut akan semakin rendah kualitasnya apabila sistem pembakaran bahan bakar minyak dengan mesin kendaraan bermotor tersebut tidak sempurna atau penampilan mesinnya mnurun.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besamya konsentrasi partikulat dantimah hitam yang terukur di area parkir bawah tanah kampus Adan B, Universitas Trisakti, yang memilikipanjangl54.30 m.lebar 31..J m dan tinggi 2.5 m untuk kampus Adan panjang 90 m.lebar 14 m dan tinggi2.5 m untuk kampus B dan membandingkan dengan nilai baku mutu kualitas udara yang berlaku untuk mengetahui apakah zat-zar pencemar itu masih dalam batas yang diperbolehkan atau telah melampaui ambang batas serta mengetahui hubungan antara jumlah kendaraan bennotor dan kouseutrasi lapangan dan! teoritis yang dihasilkan old! gas buang partikulat dan timah hitam.Pengambilan data konsentrasi partikulat, Pb selama 4 hari (4 hari kampus Adan 4 hari kampus B)pada pagi hingga sore hari.. dimana waktu yang dipakai sebagai perbandingan adalah waktu padat sebagaipengukuran pertama dan waktu tidak padat sebagai pengukuran kedua.Bial dibandingkan dengan baku mutu udara Ambien nasional yaitu 230 ug/m3 untuk partikulat dalam 24 jam. Konsentrasi lapangan dan konsentrasi teori di seluruh titik masih dibawah baku mutu.Untuk timah hitam pada seluruh titik sampling baik konsentrasi teori maupun konsentrasi lapangan dalam 24 jam sebagian besar berada di atas balm mutu yaitu 2 ug/m3• •Tidak bekerjanya exhaust secara maksimal di kampus A dan tidak adanya exhaust di kampus B" ditambah lagi dengan rendahnya konstruksi bangunan dan jumlah kendaraan yang melebihi kapasitasmenjadi kendala bagi kualitas udara
V ehicles produce waste gas like CO, NOx, HC and Particulate (dust,smog,Pn), like internal combustion produces fuel waste gas emissions low in quality especially when engine do not the performed well.The purpose of this research is to understand condition and air quality in the basements of Campus A (Gd. K,l,H) and Campus B, Trisakti University. The basement in campus A is 154.30 m2 X 31.4 m1 X 2.5 m2 and that campus B is 90 m1 X 14 m2 X 2.5 m2. The pollutants under investigation were Particulate and Lead (Pb) and the result were compared with national air quality standard. The result shows a range from below to above the standards. The results also show a relationship between the total of vehicles the measured concentrations and the calculated concentration of Particulate and Pb.The sampling particulate and lead ware carried out two times a day for four daysin the morning and afternoon and compared with the rush hours (on Tuesday) in the first measurement and the quiet hours for second measurement (on Saturday).Compared with the national air quality standard for Particulate 230 ug/m3 in 24 hours. The resulting values as well as the calculated concentration were still under thestandard.For Pb at all samplinf points both measured and calculated values were abovestandard at a value of 2 uglm .The reason for these high Particulat values shoud be the inefficient operation ofthe exhaust fan in campus A basement as well as the non-existing exhaust fan in campus B basement.