DETAIL KOLEKSI

Identifikasi pengaruh emisi gas buang rumah tangga dan volume kendaraan terhadap kualitas udara pada lingkungan


Oleh : Devi Aisyi

Info Katalog

Penerbit : FTSP - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2020

Pembimbing 1 : Bambang Endro Yuwono

Subyek : Automobiles - Motors - Exhaust gas;Air pollution

Kata Kunci : volume of vehicles, greenhouse gases, air quality

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2020_TA_STS_051001500030_Halaman-Judul.pdf
2. 2020_TA_STS_051001500030_Lembar-Pengesahan.pdf 5
3. 2020_TA_STS_051001500030_Bab-1_Pendahuluan.pdf
4. 2020_TA_STS_051001500030_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf
5. 2020_TA_STS_051001500030_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf
6. 2020_TA_STS_051001500030_Bab-4_Hasil-dan-Pembahasan.pdf
7. 2020_TA_STS_051001500030_Bab-5_Kesimpulan.pdf
8. 2020_TA_STS_051001500030_Daftar-Pustaka.pdf
9. 2020_TA_STS_051001500030_Lampiran.pdf

E misi gas buang merupakan sisa pembakaran yang terjadi pada dalam mesin kendaraan bermotor, selain itu penggunaan listrik rumah tangga juga menghasilkan emisi gas buang. Dampak akibat emisi gas buang adalah Global warming dimana emisi gas buang yang ada di udara menyulitkan panas matahari memantul kembali ke luar angkasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandinga emisi gas buang antara kendaraan bermotor dan penggunaan listrik rumah tangga. Untuk mengetahui emisi gas buang kendaraan bermotor perhitungan menggunakan Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 12 Tahun 2010. Sedangkan emisi gas buang penggunaan listrik menggunakan metode perhitungan emisi dan serapan menggunakan persamaan dasar (basic equation), data aktivitas yang digunakan sebagian bersumber dari sumber data global, dan menggunakan faktor emisi default. Hasil dari perhitungan emisi gas buang kendaraan bermotor dan listrik rumah tangga tertinggi didapatkan sebanyak 32327 kgCO2 emisi yang dikeluarkan kendaraan bermotor, serta 8740 kgCO2 emisi yang dikeluarkan penggunaan listrik rumah tangga. Perhitungan emisi gas buang dilakukan untuk mengetahui berapa kadar emisi yang terdapat di udara, yang dimana merupakan salah satu penyebab gas rumah kaca (GRK), emisi pada kendaraan bermotor lebih dominan dibandingkan emisi yang dihasilkan penggunaan listrik rumah tangga.

E xhaust gas emissions are residual combustion that occurs in motor vehicle engines. In addition, the use of household electricity also produces exhaust emissions. The impact due to exhaust emissions is global warming, where exhaust gas emissions in the air make it difficult for the sun's heat to bounce back into space. This study aims to determine the comparison of exhaust emissions between motorized vehicles and household electricity use. To find out the motor vehicle exhaust emissions, the calculation uses the Regulation of the Minister of Environment No. 12/2010. Meanwhile, the emission of exhaust gas from electricity uses the emission and absorption calculation method using the basic equation, the activity data used partly comes from global data sources, and uses default emission factors. The results of the calculation of motor vehicle exhaust emissions and household electricity were the highest, as many as 32327 kg CO2 emissions emitted by motorized vehicles, and 8740 kg CO2 emissions emitted by household electricity use. The calculation of exhaust gas emissions is carried out to determine the level of emissions in the air, which is one of the causes of greenhouse gases (GHG), emissions in motorized vehicles are more dominant than emissions generated by household electricity use.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?