Desain interior Gracia Skin Clinic di Ngaliyan Semarang
M asyarakat perkotaan banyak memiliki aktivitas di luar rumah, baik untukbekerja atupun untuk aktivitas lain, sehingga menimbulkan rasa lelah, dan disisilain mereka dituntut untuk selalu tampil prima secara fisik, maka klinikkecantikan menjadi sangat dibutuhkan. Mengikuti perkembangan jaman akankebutuhan kesehatan dan kecantikan terutama di kota-kota besar, keberadaanklinik kecantikan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat terutama darikalangan menengah atas. Tuntutan untuk sebuah klinik kecantikan yangprofessional dan dapat dipercaya selayaknya dapat tervisual dari tampilaninterior secara khusus.Semarang sebagai salah satu kota besar di Indonesia memiliki pangsa pasaryang besar untuk sebuah klinik kecantikan. “Gracia Skin Clinic†sebagai sebuahklinik kecantikan harus dapat menciptakan citra konsumennya. Proyek ini adalahproyek renovasi dan pindah lokasi, Ngaliyan dipilih karena dianggap lokasi yangstrategis dan memiliki pangsa pasar yang sesuai. Perancangan interiornya harusdapat memenuhi tuntutan secara fisik dan non fisik. Maka konsep dan keputusandesain sesuai dengan hasil analisa data literatur dan data survey lapangan. Secarafisik, perancangan interior harus efisien dan sistematis berkaitan denganpengaturan ruang dan sirkulasi, serta kenyamanan dalam melakukan kegiatan,terutama untuk para pengunjung. Secara non-fisik, perancangan interior yangsesuai adalah dengan menciptakan citra sebuah klinik kecantikan yang bersih,higienis, segar, dan mewah. Maka konsep “the refreshing lime†dianggap sesuaidengan image yang ingin ditampilkan. Pemilihan material, warna, bentuk danornament yang dianggap tepat yaitu : material interior dengan finishing yangmudah dibersihkan, furniture yang berkesan ringan, ornament yang sederhananamun terlihat mewah, dengan warna-warna segar (mayoritas hijau lime danputih), dan bentuk-bentuk yang feminine. Sehingga Gracia Skin memiliki imageyang dapat dipercaya sesuai dengan sasaran konsumen yang dituju.
U rban communities have many activities outside their house, either forworking or other activities, therefore it may cause fatigue, in the other side, theyare required to always be physically healthy, and as a result beauty clinicbecomes very important. Following the era development toward the necessity ofhealth and beauty especially in big cities, the existence of beauty clinic inaccordance with the people necessity is needed especially from the upper-middleclass community. The demand for a professional and trustworthy beauty clinicmay be visualized by the interior look in particular.Semarang as one of big cities in Indonesia has large market shares for abeauty clinic. “Gracia Skin Clinic†as a beauty clinic may be able to create itsconsumers images. These projects are renovation and move location project,Ngaliyan is chosen because it is considered as a strategic place and has propermarket share. Its interior design may meet the physical and non-physicaldemand. Consequently, design concept and decision must in accordance with theanalysis result of literature data and field survey data. Physically, interiordesign should be efficient and systematic relates to room management andcirculation, as well as the comfort in conducting the activity, particularly forvisitors. Non-physically, proper interior design is showed by creating a clean,hygienic, fresh and luxurious image of beauty clinic. Thus, “The RefreshingLime†concept is considered to be appropriate with the image that they want toshow. The selection of precise material, color, shape, and ornament are: interiormaterial that is easy to clean, furniture that is seemed mild, ordinary ornamentbut it looks extravagant, with fresh color (the majority of colors are lime greenand white), and feminine shape. Therefore, Gracia Skin Clinic has thurstwortyimage that is appropriate with intended target consumers.