Desain interior hotel borobudur di jakarta selatan
H otel merupakan sebuah bangunan komersial, sarana akomodasi yang membantu wisatawan dan bisnisman untuk menginap. Hotel bisnis secara khusus selain memiliki fasilitas untuk menginap juga untuk menunjang kegiatan bisnis. Fasilitas utama sebagai penunjang kegiatan bisnis di hotel adalah fasilitas MICE, yaitu tersedianya fasilitas ruang-ruang untuk kegiatan meeting, incentive, convention, dan exhibition. Sebagai sebuah hotel bisnis Bintang 5, maka selain memenuhi standard fungsi juga memiliki nilai estetika yang memadai. Perancangan interior ini memakai metode penelitian kualitatif dengan tahapan sebagai berikut : pencarian data, observasi, analisa, programming, konsep desain, keputusan akhir desain, dan gambar visualisasi. Tujuan perancangan desain interior hotel bisnis ini adalah untuk mengakomodasi para bsisnisman menginap dan melakukan kegiatan bisnis. Selain memfasilitasi kegiatan bisnis, tidak menutup kemungkinan bila ada yang menginap untuk berwisata.Tema perancangan interior dari hotel ini adalah \\\"The Magnificent Of Borobudur\\\", konsep yang mencerminkan karakter masyarakat modern terutama untuk para pebisnis muda. Tema ini memiliki ciri khas jawa borobudur yang lebih modern sebagai karakter masyarakat urban. Citra yang ditampilkan adalah luxury, warm, dan etnik modern sesuai karakter dari sasaran pengunjung dan image hotel berbintang. Menggunakan gaya kontemporer, yaitu perpaduan antara gaya modern dan jawa. Perancangan interior hotel ini diharapkan dapat menarik minat pengunjung lebih banyak, terutama bagi para pebisnis untuk menginap dan melakukan kegiatan bisnis dan sekaligus untuk wisata.
H otel is a commercial building that serves as an accommodation facility for tourists and business people to stay. Business hotels, in particular, not only provide lodging facilities but also support business activities. The primary facilities supporting business activities in hotels are MICE facilities, which include rooms for meeting, incentive, convention, and exhibition. A 5-star business hotel must meet functional standards and has adequate aesthetic values. This interior design project applies a qualitative research method with the following stages: data collection, observation, analysis, programming, design concepts, final decision on designs, and visualization. The goal of interior design of a business hotel is to accommodate business people for both lodging and conducting business activities. In addition to facilitating business activities, it also serves guests who stay for leisure purposes.The interior design theme of this hotel is “The Magnificent of Borobudur,†a concept reflecting the characters of modern society, particularly young business professionals. This theme features a modern take on the Javanese Borobudur style as a characteristic of urban societies. The projected images are luxury, warmth, and modern ethnicity, aligning with the target visitors and the image of a 5-star hotel. The design uses a contemporary style, combining modern and Javanese elements. This interior design is expected to attract more visitors, especially business people, to stay, to conduct business activities, and to enjoy leisure time.