DETAIL KOLEKSI

Kajian implementasi strategi daya saing PT. 789 dalam menghadapi pasar bebas

5.0


Oleh : Veni Susanty J

Info Katalog

Subyek : Strategic planning - Economic aspects;Competition

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2005

Pembimbing 1 : Dadan Umar Daihani

Kata Kunci : competitiveness strategy, production process, PT. 789, free market

Status Posting : Published

Status : Tidak Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2005_TS_MTI_163021003_Halaman-Judul.pdf 18
2. 2005_TS_MTI_163021003_Lembar-Pengesahan.pdf
3. 2005_TS_MTI_163021003_Bab-1_Pendahuluan.pdf 6
4. 2005_TS_MTI_163021003_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf
5. 2005_TS_MTI_163021003_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf
6. 2005_TS_MTI_163021003_Bab-4_Pengumpulan-dan-Pengolahan-Data.pdf
7. 2005_TS_MTI_163021003_Bab-5_Analisis-Hasil-dan-Pembahasan.pdf
8. 2005_TS_MTI_163021003_Bab-6_Keismpulan-dan-Saran.pdf 4
9. 2005_TS_MTI_163021003_Daftar-Pustaka.pdf 1
10. 2005_TS_MTI_163021003_Lampiran.pdf

P PT. 789 merupakan perusahaan yang berlokasi di kawasan industni kamal muara yang manproduksi pakaian dalarn wanita clan bekerja berdasarkan pesanan (lob order) sejak bulan Juni 1993. PT_ 789 tergolong pada jenis industri pada karya, dimana karyawan ba6an pabrik terdiri dari 1,400 orang dan 200 orang karayawan bagian adminstrasi. Kapasitas produk jadi PT_ 789 adalah 120,000 psc per minggu, dimana hash!. produksi PT. 789 tidak rnemiliki merek sendiri, akan tetapi merek ditentukan oleh pembeli. Sejak tahun 2002 PT. 789 mendapat fasilitas kawasan berikat, sehingga bea masuk untuk material import ditanaaulikan dan semua basil produksi hams di ekspor. Hasil produksi PT. 789 40% di ekspor ke negara Eropa_ 40% ke negara USA 10% ke negara Kanada, dan 10% ke negara Australia_ Saat ini PT. 789 telah tnemiliki lima perusahaatn dimana teasing-musing perusahaan tersebut diantaranya satu berada di Thailand., satu di China, satu di Semarang dan dua di Jakarta Dalam rnemasarkar- barangnya direktur sendiri melakukan keliling dunia untuk mencari orderan, thank rnemailadapi parsainean pasar bebas perusahaan khawaiir akan semakin banyalmya pesaing dari investor acing yang akan rnasuk ke Indonesia, sehingga saat ini perusahaan sedang mengounakan strategi integrasi horizontal untuk memperluas usahanya dengan membuka pabrik barn di China dan Semarang. Atas dasar tersebut, dal nn tesis ini dilakukan pamgameaan terhadap strategi korporat apa yang sedang dilaksanakan oleh PT. 789 dalam persiapan untuk menghadapi persaingan pasar bebas? Dan rekomendasi strategi apa yana sesual untuk PT.789?. Tujuan penelitian dal= pentilisan tesis ini adalah merumuskan strategi yang s-a.rai untuk PT.789 dalam persaingarz pasar bebas. Hal tersebut dilakukan dengan melakukan pengamatan linak-ung,an terhadap faktorafaktor eksternal clan internal pannnusan strategi_ impleinentasi strategi. Penelitian dilakukan pada industri padat karya yang memproduksi pakaian dalam wanita dan sekaligds berproduksi berdasarkan pesanan. Penelitian hanva dilakukan pada perusahaan dimana pentilis sekarang bekerja. Penelitian dimulai dengan mengurnpulkan minat, gannasan, daft teori. Kemudian, melakukan identifikasi masalah, studi literatcrr rumusan masalah, menetapakan aujuart, pengumpulan data, penyttsunan kuesioner pendalluluan„ Renyusunan kuesioner penelitian, prates kuesioner penelitian. Jika basil preics tidak dapat din-Lana:ern respondart, maka kuesioner pearl dilaku.Urt penyusunan uland dan apabila dapat dimengerti, panditian clilanjutkan pada penyebaran kuasioner. basil dari penyebaran kuesioner dilakukan uji validitas dan Jika, hasil uji menunjukkan tidak valid dan reliabel, maka penyebaran kuesioner akan diulang land, apabila hasil uji menw-dukkan valid dan reliabel maka penelitian dilanjutk-an formulasi strategi yaitu dengan melakukan analisa linakungan &sternal (EFAS) dan linglatmgan internal (FAS) yang berdasarkan konsep Fred R. David; menganalisa matrik SWOT, menganalisa manik SPACE yana berdasarkan konsep Fred R. David. Hasil dari perunmsan. strategi didapat beberapa strategi_ alternatif, untuk memilih strategi alternatif mina yang lebih bank (matrik QSPlat). pedu dilakukan penvasunan kuesioner kembali_ Setelah diperoleh strata-id vana terbaik, dilakukan implanentas strategi, kesimpulan dan saran_ Berdasarkan_ basil analisa faktor internal diperoleh total skor 3,74 dan 3,42 untuk faldor eksternal. hal tersebut mentudukkan bahava PT. 789 telah mentiliki strategi yang baik dalam menghadapi para pesaingnya. Dari basil analisa matrik SWOT dapat diperoleh =pat altematif strategi yaitu strategi yang mendeunakart kckalatan untuk inernanfaatkan. peluang (SO), strategi yang rneminiznalkan kdetnahan. maul: mernanfaatkan peluang (WO), strategi yang meuggunakan Vakuatan untuk mengatasi anc.arnan (ST). dan strategi yang meminimalkan kelemahan dan menehindari ancaman (WT). Berdasarkan basil analisa inatriks SPACE (Strategic Position and Action Evaluation), PT. 789 dalam persiapan mcnghadapai parsaingen pasar babas dapat mennermak-an strategi atn-esit yang berarn PT. 789 berada pada posisi yang baik uric I; rnenianfaatkan kekuatan intemalnya guna mengambil keunningan peluang eksternal, menghindari kelernahan internal, dan menghindari ancarnan eksternal. Oleh karena itu, dalam konclisi tersebut terdapat tiaa strategi alternatif yang dapat digunakan yaitu strategi intensif, integratif, dan diversifthasi. Dan basil analisa dengan menagunakan analisa rnatriks OSPial (Quantitative Strategies Planning Matrix) terhadap strategi iniensif, intearatit, dan diversifikasi. strategi integratif merupakan strategi yang terbaik, karena strategi tersebut mempundai nilai TAS (Total Attractiveness Score) yang tertinagi vaitu 8,55. Dirnana strategy intean-ant memiliki -Una pilihan strategi vaitu strategi integrasi ke depan (Forward integration strategy), strategi integrasi. ke belakang (Backward integration strategy), dan strategi integrasi horizontal (Horizontal integration strategy). Berdasark-an basil analisa terhadap ketiga strategi integratif, strategi integrasi horizontal naempunvai nilai TAS tertinggi vaitu 8.58 oleh karena itu strategi yang terbaik untuk PT. 789 adalah strategi integrasi horizontal.

P PT. 789 is a company located in the industrial area of ​​Kamal Muara which has been producing women's underwear and working on a lob order since June 1993. PT_ 789 belongs to the type of industry in the works, where the factory employees consist of 1,400 people and 200 employees of the department. administration. The finished product capacity of PT_ 789 is 120,000 psc per week, where hash!. production of PT. 789 does not have its own brand, but the brand is determined by the buyer. Since 2002 PT. 789 gets a bonded zone facility, so that import duties for imported materials are eliminated and all production results must be exported. The results of the production of PT. 789 40% exported to European countries_ 40% to USA 10% to Canada, and 10% to Australia_ Currently PT. 789 already owns five companies, each of which is located in Thailand, one in China, one in Semarang and two in Jakarta. In the marketing of goods, the director himself travels around the world to look for orders, thank you. As more and more competitors from foreign investors will enter Indonesia, the company is currently using a horizontal integration strategy to expand its business by opening new factories in China and Semarang. On this basis, in this thesis an experiment is carried out on what corporate strategy is being implemented by PT. 789 in preparation for the free market competition? And what strategy recommendations are appropriate for PT.789?. The aim of the research in writing this thesis is to formulate an appropriate strategy for PT.789 in free market competition. This is done by carrying out a direct observation of the external and internal factors of the implementation of the strategy implementation. The research was conducted in labor-intensive industries that produce women's underwear and at the same time produce by order. The research was only conducted at the company where the writer currently works. The research begins by gathering interests, ideas, and theories. Then, identify problems, study literature on problem formulation, set goals, collect data, prepare preliminary questionnaires. Prepare research questionnaires, pre-test research questionnaires. If the results of the preics cannot be answered, then the pearl questionnaire is carried out. The results are compiled and if it is understandable, the research continues on the distribution of questionnaires. the result of distributing the questionnaire is valid and if the test results show that it is not valid and reliable, then the distribution of the questionnaire will be repeated by land, if the test results are valid and reliable, the research is continued with the formulation of strategies, namely by conducting an environmental & internal analysis (EFAS) and the internal environment (FAS) based on the concept of Fred R. David; analyzing the SWOT matrix, analyzing the SPACE beads based on the concept of Fred R. David. The results of the formulation. the strategy obtained several alternative strategies, to choose an alternative strategy that is more bankable (QSPlat matrix). it is necessary to carry out a re-test of the questionnaire. After obtaining the best strata-id, the implementation of strategies, conclusions and suggestions was carried out. Based on the results of the internal factor analysis, a total score of 3.74 was obtained and 3.42 for the external error. it is subject to the fact that PT. 789 has a good strategy in dealing with its competitors. From the results of the SWOT matrix analysis, it can be obtained that there are alternative strategies, namely strategies that use tools to be utilized. opportunity (SO), a strategy that minimizes defense. maul: take advantage of opportunities (WO), a strategy that uses strength to overcome threats (ST). and strategies that minimize weaknesses and avoid threats (WT). Based on the results of the SPACE (Strategic Position and Action Evaluation) matrix analysis, PT. 789 in preparation for the face of free market competitors can interpret the atn-esit strategy which means PT. 789 is well positioned uric I; Take advantage of internal strengths to take advantage of external opportunities, avoid internal weaknesses, and avoid external threats. Therefore, in this situation there are three alternative strategies that can be used, namely intensive, integrative, and diversification strategies. And the results of the analysis using OSPial (Quantitative Strategies Planning Matrix) analysis of the iniensif, intearatit, and diversification strategies. integrative strategy is the best strategy, because the strategy has a minimum TAS (Total Attractiveness Score) value of 8.55. Dirnana strategy intean-ant has a choice of strategies, namely a Forward integration strategy, an integration strategy. backward (Backward integration strategy), and horizontal integration strategy (Horizontal integration strategy). based on

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?