Pengaruh ukuran perusahaan, ukuran dewan komisaris, kepemilikan institusional, profitabilitas dan leverage terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (csr) pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bei pada tahun 2017-2021
P enelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Ukuran Perusahaan, Ukuran Dewan Komisaris, Kepemilikan Institusional, Profitabilitas, Leverage Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam periode 2017 sampai 2021. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 40 perusahaan dengan jumlah observasi sebanyak 200 data. Metode sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah regresi data panel menggunakan IBM SPSS Versi 23. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Ukuran Perusahaan, Ukuran Dewan Komisaris dan Profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility. Sedangkan Kepemilikan Institusional dan Leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan CSR
T his study aims to examine the effect of firm size, board of commissioners size, institutional ownership, profitability, leverage on disclosure of corporate social responsibility. The sample used in this study uses manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange in the period 2017 to 2021. The number of samples used is 40 companies with 200 observations. The sample method used in this study is purposive sampling, while the data analysis method used is panel data regression using IBM SPSS Version 23. The results of this study indicate that the size of the company, the size of the board of commissioners and profitability have a significant effect on the disclosure of Corporate Social Responsibility. Meanwhile, Institutional Ownership and Leverage have no significant effect on CSR disclosure