DETAIL KOLEKSI

Pengaruh ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas terhadap carbon emission disclosure (studi pada perusahaan barang konsumen primer (consumer non-cyclicals) yang terdaftar di BEI tahun 2019-2021)


Oleh : Shakina Dwi Ariesta Putri

Info Katalog

Nomor Panggil : 023001904035

Penerbit : FEB - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2022

Pembimbing 1 : M.Nuryatno

Subyek : Accounting - Environmental aspects

Kata Kunci : company size, leverage, profitability, carbon emission disclosure

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2022_TA_SAK_023001904035_Halaman-Judul.pdf 11
2. 2022_TA_SAK_023001904035_Lembar-Pengesahan.pdf 5
3. 2022_TA_SAK_023001904035_Bab-1-Pendahuluan.pdf 9
4. 2022_TA_SAK_023001904035_Bab-2-Tinjauan-Pustaka.pdf 13
5. 2022_TA_SAK_023001904035_Bab-3-Metode-Penelitian.pdf 16
6. 2022_TA_SAK_023001904035_Bab-4-Analisis-dan-Pembahasan.pdf 18
7. 2022_TA_SAK_023001904035_Bab-5-Kesimpulan.pdf 4
8. 2022_TA_SAK_023001904035_Daftar-Pustaka.pdf 2
9. 2022_TA_SAK_023001904035_Lampiran.pdf 7

P enelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi carbon emission disclosure pada perusahaan barang konsumen primer (consumer non-cyclicals) di Indonesia. Variabel independen yang digunakan adalah Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Profitabilitas dan variabel dependen Carbon Emission Disclosure. Populasi penelitian ini adalah perusahaan barang konsumen primer (consumer non-cyclicals) yang terdaftar di BEI tahun 2019-2021. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kuantitatif dan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, uji model regresi data panel, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling dan diperoleh sebanyak 11 perusahaan yang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan. Data yang digunakan merupakan data sekunder berupa laporan tahunan dan laporan keberlanjutan yang dipublikasikan selama periode pengamatan. Penelitian ini diproses menggunakan aplikasi Eviews 10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel ukuran perusahaan berpengaruh signifikan positif terhadap carbon emission disclosure. Adapun variabel leverage dan profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap carbon emission disclosure.

T his study aims to analyze the factors that influence carbon emission disclosure in consumer non-cyclicals companies in Indonesia. The independent variables used in this study are Company Size, Leverage, and Profitability and the dependent variable is Carbon Emission Disclosure. The population of this study are consumer non-cyclicals companies listed in The Indonesia Stock Exchange in 2019-2021. This research is a research with quantitative method and uses descriptive statistical analiysis technique, panel data regression model test, classical asumption test, and hypothesis testing. The method of determining the samples used in this research is purposive sampling method and obtained as many as 11 companies that meets the criteria that have been set. The data used is secondary data in the form of annual reports and sustainability reports published during the observation period. This research is prosessed using the application Eviews 10. The results showed that the variable of company size had significant positive effect on carbon emission disclosure. As for the variables of leverage and profitability had no effect on carbon emission disclosure.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?