Pengaruh size perusahaan. profitabilitas, dan komisaris independen terhadap pengungkapan corporate social responsibility dengan tipe industri sebagai variabel moderasi
T ujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh size perusahaan, profitabilitas, dan komisaris independen terhadap pengungkapan corporate sosial responsibility dengan tipe industri sebagai variabel moderasi pada perusahaan industri di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2017.Populasi pada penelitian ini adalah perusahan yang terdaftar di BEI tahun 2015-2017. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini adalah Size perusahaan berpengaruh positif terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR), profitabilitas perusahaan dan komisaris independen tidak berpengaruh signifikan terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR), tipe industri tidak memperkuat pengaruh size perusahaan terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR), tipe industri tidak memperkuat pengaruh profitabilitas terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR), tipe industri memperkuat pengaruh komisaris independen terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR), dan leverage berpengaruh terhadap pengungkapan CSR.
T he purpose of this study is to determine the effect of company size, profitability, and independent commissioners on the disclosure of corporate social responsibility with industry type as a moderating variable in industrial companies in the Indonesia Stock Exchange in 2015-2017.The population in this study are the companies on the Stock Exchange in 2015-2017. The analysis technique used is multiple regression analysis. The result of this study is the size of the company have positive effect on the disclosure of Corporate Social Responsibility (CSR), the profitability of the company dan independent commissioners have positive effect on Disclosure of Corporate Social Responsibility (CSR), the type of industry weaken the influence of company size on Disclosure of Corporate Social Responsibility (CSR), type industry cannot strengthens the effect of profitability on disclosure of Corporate Social Responsibility (CSR), industry type strengthens the influence of independent commissioners on disclosure of Corporate Social Responsibility (CSR), and leverage has no affect CSR disclosure.