Pengaruh intellectual capital terhadap nilai perusahaan pada sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2016 dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi
I ntellectual capital diyakini menjadi faktor yang berperan penting dalam kinerja dan nilai di berbagai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh intellectual capital terhadap nilai perusahaan pada industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan data sekunder dan populasi penelitian ini adalah perusahaan yang bergerak dalam industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2016. Metode penelitian yang digunakan untuk menentukan sampel dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan Model Pulic (VAICTM). Berdasarkan kriteria yang digunakan, didapatkan 22 perusahaan. Pengujian dilakukan dengan dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Intellectual capital berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan yang dinilai dengan market value. (2) Ukuran perusahaan tidak memoderasi hubungan antara intellectual capital dengan nilai perusahaan (diukur menggunakan nilai pasar).
I ntellectual capital is believed to be a contributing factor to performance and value in various companies. The objective of this study is to examine the influence of intellectual capital towards firm’s value on consumer goods industry companies listed in Indonesia Stock Exchange. This study use secondary data and the populations are consumer goods industry companies listed in Indonesia Stock Exchange period 2014-2016. The research method used to determine the sample in this study is purposive sampling method. This research uses The Pulic Model (VAICTM). Based on the criteria used, 22 companies were obtained. This research uses multiple regression analysis as hypothesis testing. The results of this study are (1) Intellectual capital has a positive influence on company performance which is measured by market value (MV). (2) Firm’s size has not able to moderate the relation between intellectual capital and firm’s value (measured by market value).