Pengaruh strategi diversifikasi, intellectual capital dan karakteristik perusahaan terhadap kinerja perusahaan di Indonesia
D alam upaya memenuhi tuntutan pemenuhan kebutuhan masyarakat dan meningkatkan kinerja perusahaan, pelaksanaan berbagai strategi dan pengelolaan perusahaan yang baik diyakini merupakan langkah yang sangat penting dilaksanakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh strategi diversifikasi, intellectual capital dan karakteristik perusahaan terhadap kinerja perusahaan di Indonesia. Sampel yang digunakan adalah perusahaan yang bergerak di industri manufaktur sub sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan periode pengamatan tahun 2015-2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intellectual capital dan ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan, serta tidak terdapat pengaruh signifikan dari diversifikasi dan leverage terhadap kinerja perusahaan.
A s an effort to fulfill the demands of the community needs and improving corporate performance, the implementation of various strategies and good corporate management are believed to be a very important steps. The purpose of this study was to examine the effect of diversification strategies, intellectual capital and company characteristics to the firm performance in Indonesia. The sample used are consumer goods sub-sector of manufacturing companies listed in the Indonesia Stock Exchange from 2015 to 2017 period. The results prove that there are positive influences of intellectual capital and firm size to the firm performance, and there is no significant effect of diversification and leverage to the firm performance.