Pengaruh umur perusahaan, ukuran perusahaan, ukuran dewan komisaris, leverage, profitabilitas, dan pengungkapan media terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2015
T ujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh umur perusahaan, ukuran perusahaan, ukuran dewan komisaris, leverage, profitabilitas, dan pengungkapan media terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan dalam laporan tahunan perusahaan. Penelitian ini dapat menjelaskan pengambilan keputusan tentang pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan yang dilakukan oleh perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI untuk tahun 2013-2015.Data yang digunakan adalah dalam bentuk laporan tahunan dari 62 perusahaan yang digunakan sebagai sampel untuk tahun 2013-2015. Metode statistik digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa umur perusahaan, ukuran dewan komisaris, dan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, sedangkan ukuran perusahaan, leverage, dan eksposur media berpengaruh signifikan untuk perusahaan paparan tanggung jawab sosial.
T he purpose of this research is to the examine the effect of company age, firm size, size of board commissioner, leverage, profitability, and media exposure to corporate social responsibility disclosure in corporate annual report. This research can explain the decision making about corporate social responsibility disclosure done by manufacturing companies listed in IDX for the year 2013-2015.The data used are in form annual reports from 62 companies used as sample for the year 2013-2015. The statistical methods use in this research is multiple regressions.The results of this research shows that company age, size of board commissioner, and profitability have significant effect to corporate social responsibility disclosure, while firm size, leverage, and media exposure have insignificant effect to corporate social responsibility exposure.