DETAIL KOLEKSI

Reaksi pasar terhadap kontrib(usi ekonomi, sosial lingkungan dan tata kelola perusahaan (Studi pada Konstituen Indeks SRI Kehati Periode 2015 - 2019)


Oleh : Martono

Info Katalog

Subyek : Social responsibility of business

Penerbit : FEB - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2021

Pembimbing 1 : Maria R. Nindita Radyati

Pembimbing 2 : Maria Ariesta Utha

Kata Kunci : SCPS, EPS, CGI, size, growth, abnormal return

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2021_TS_MMJ_122011816004_Halaman-Judul.pdf 42
2. 2021_TS_MMJ_122011816004_Lembar-pengesahanl.pdf 2
3. 2021_TS_MMJ_122011816004_Bab-1_Pendahuluan.pdf 24
4. 2021_TS_MMJ_122011816004_Bab-2_Landasan-teori.pdf 138
5. 2021_TS_MMJ_122011816004_Bab-3_Desain-dan-metodologi-penelitian.pdf 26
6. 2021_TS_MMJ_122011816004_Bab-4_Hasil-dan-pembahasan.pdf 138
7. 2021_TS_MMJ_122011816004_Bab-5_Kesimpulan.pdf 10
8. 2021_TS_MMJ_122011816004_Daftar-Pustaka.pdf 24
9. 2021_TS_MMJ_122011816004_Lampiran.pdf 14

P Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh nilai kontribusi sosial danlingkungan per lembar saham (SCPS), kontribusi ekonomi per lembar saham (EPS),indeks tata kelola (CGI), ukuran perusahaan, dan pertumbuhan penjualan, terhadapreaksi pasar dengan proksi abnormal return, dan tata kelola diduga sebagai variabelyang dapat memoderasi nilai kontribusi sosial dan lingkungan terhadap reaksipasar, serta variabel kontribusi ekonomi sebagai moderasi kontribusi sosial danlingkungan perlembar saham, dan moderasi tata kelola terhadap reaksi pasar. Datayang digunakan pada penelitian ini merupakan data sekunder yang berasal darilaporan tahunan dan data harga saham konstituen indeks SRI-KEHATI BEI periode2015 – 2019. Metode penentuan sampel menggunakan purposive sampling, sehingga diperoleh 18 perusahaan dengan jumlah observasi sebanyak 90 obyekpenelitian. Analisis data yang digunakan untuk uji hipotesis adalah regresi linear berganda data panel, dengan menggunakan program eviews 9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kontribusi sosial dan lingkungan per lembar saham tidak berpengaruh signifikan terhadap reaksi pasar, kontribusi ekonomi berpengaruh positif signifikan terhadap reaksi pasar, tata kelola tidak berpengaruh signifikanterhadap reaksi pasar, ukuran perusahaan berpengaruh negatif pada reaksi pasar, pertumbuhan penjualan berpengaruh positif signifikan terhadap reaksi pasar, tatakelola tidak memoderasi hubungan nilai kontribusi sosial dan lingkungan terhadap reaksi pasar, kontribusi ekonomi tidak memoderasi hubungan nilai kontribusi sosialdan lingkungan terhadap reaksi pasar, kontribusi ekonomi sebagai moderasi tata kelola terhadap reaksi pasar berpengaruh negatif. Hasil penelitian menunjukkanbahwa pasar saham tidak menunjukkan reaksi pada pengungkapan nilai kontribusi sosial lingkungan perusahaan dan kualitas tata kelola, pasar memberikan reaksiterhadap informasi laba (EPS) dan kinerja keuangan perusahaan. Implikasi kepada manajerial disarankan untuk lebih inovatif dalam mengungkapkan nilai kontribusi sosial dan lingkungan perusahaan dengan kuantifikasi keuangan kepada publik, sehingga dapat mengukur kontribusi sosial perusahaan, mudah diterima dan dipahami masyarakat sebagai pembaca, meliputi nilai dan tujuan serta manfaat atas kontribusi yang dilakukan perusahaan. Manajer dalam praktik bisnisnya tetap menerapkan standar etika dan keberlanjutan, menjaga keseimbangan antara pertumbuhan pendapatan, pengalokasian laba dan belanja modal dengan kontribusi sosial, sehingga kinerja usaha berkelanjutan.

T This study aimed to analyze the influence of social contribution and environmental value per share, economic contribution per share, governance, size, and sales growth to market reaction with a proxy for abnormal returns, and governance as a moderation of social contribution and environmental value per share to market reaction, economic contribution as a moderation of social contribution and environmental value per share, and governance to market reaction. Samples in thisstudy are companies that consecutively remained constituents of the IDX SRIKEHATI index during 2015 – 2019. Sample selection in this study were purposivesampling, which is obtained 18 companies with 90 observations of research objects. Analysis method used multiple linear regression of panel data by Eviews 9. Theresults of this analysis indicated that social contribution and environmental value per share has no signifficant effect on market reaction, economic contribution hasa significant effect on market reaction, governance has no significant effect on market reaction, firm size has a negative effect on market reaction, sales growth hasa positive effect on market reaction, governance does not moderate the relationship between social contribution and environmental value to market reaction, economiccontribution does not moderate the relationship between social contribution and environmental to market reactions, economic contribution as a moderation ofgovernance to market reactions has a negative effect. The managerial implications from this study is for managers to be more innovative in expressing the corporate’s social contribution and environmental value with public financial quantification in order to measure corporate’s social contribution, acceppted and understood easily by public as a readers, including the value and goals also benefit which are madeby corporate. In their business implementation, managers are still use ethical and sustainability, to keep the balancing between growth, revenue, profits allocation and capital expenditure with social contribution in order to keep that business performance is sustainable.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?