Adopsi bank digital pada kinerja perbankan di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2021
P enelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenaipengaruh adopsi bank digital terhadap kinerja perbankan di Bursa Efek Indonesia.Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah adopsi ATM,Internet Banking dan Mobile Banking sedangkan variabel dependennya adalahpengukuran rentabilitas Return on Asset (ROA), Rasio Efensiensi Operasional (REO),Net Operational Margin (NOM), Diversifikasi Pendapatan (DP) dan ProyeksiPendapatan Bersih Operasional (PPBO).Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftardi Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2019-2021. Pengambilan sampel dilakukandengan menggunakan metode purposive sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari111 perusahaan selama tiga tahun pengamatan. Penelitian ini menggunakananalisis regresi linear berganda untuk menguji pengaruh variabel independen terhadapvariabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ATM tidak memilikipengaruh signifikan terhadap kinerja perbankan secara keseluruhan. Internet Bankingmemiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja perbankan melalui efisiensioperasional. Mobile Banking memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerjaperusahaan melalui ROA dan NOM dan ketiga variabel independent tersebut belummenunjukkan pengaruh signifikan khususnya Kinerja Perbankan pada DP dan PPBO
T his study aims to obtain empirical evidence regarding the effect of digital bank adoption on banking performance on the Indonesia Stock Exchange. The independent variable used in this study is the adoption of ATM, Internet Banking andMobile Banking, while the dependent variable is the measurement of Return on Assets(ROA), Operational Efficiency Ratio (REO), Net Operational Margin (NOM), IncomeDiversification (DP) and Projection Net Operating Income (PPBO).The population of this study are banking companies listed on the IndonesiaStock Exchange (IDX) in 2019-2021. Sampling was done by using purposive samplingmethod. The sample of this study consisted of 111 companies for three years ofobservation. This study uses multiple linear regression analysis to examine the effectof the independent variable on the dependent variable. The results showed that ATMdid not have a significant effect on overall banking performance. Internet Banking hasa significant influence on banking performance through operational efficiency. MobileBanking has a significant influence on the company's performance through ROA andNOM and the three independent variables have not shown a significant effect,especially Banking Performance on DP and PPBO.