Pengaruh effective tax rate, tunneling incentive, dan ukuran perusahaan terhadap keputusan perusahaan untuk melakukan transfer pricing pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2018
D alam tujuannya dalam mencari keuntungan dan menambah kekayaan, ada banyak upaya yang dapat dilakukan suatu organisasi bisnis. Di antara banyak hal,salah satu yang sudah umum dilakukan saat ini adalah tax planning. Tax planningdilakukan upaya penghematan pajak tanpa melanggar ketentuan perpajakan yangberlaku. Salah satu bentuk tax planning yang saat ini marak dilakukan adalahtransfer pricing. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh effective tax rate,tunneling incentive, dan ukuran perusahaan terhadap keputusan perusahaan untukmelakukan transfer pricing. Metode dalam analisis ini menggunakan analisis regresilogistik.Penelitian ini menggunakan data sekunder pada laporan keuangan perusahaanmanufaktur yang telah dipublikasikan di Bursa Efek Indonesia selama periode 2016-2018. Dengan menggunakan metode purposive sampling, didapatkan 35 sampelperusahan dari 142 populasi.Hasil analisis variabel bebas terhadap keputusan perusahaan untuk melakukantransfer pricing dalam penelitian ini menunjukkan bahwa effective tax rate tidakberpengaruh, tunneling incentive berpengaruh negatif, dan ukuran perusahaanberpengaruh positif
I n its goal of seeking profit and increasing wealth, there are many efforts thata business organization can make. Among many things, one that is commonly donetoday is tax planning. Tax planning is carried out in an effort to save tax withoutviolating any taxation regulations. One form of tax planning that is currently rife istransfer pricing. This study aims to examine the effect of effective tax rate, tunnelingincentives, and firm size on firm’s decision to do transfer pricing. This analysis useslogistic regression analysis as its method.This study uses secondary data on the financial statements of manufacturingfirms which have been published on the Indonesia Stock Exchange during the 2016-2018 period. By using the purposive sampling method, 35 firm samples wereobtained from 142 populations.The analysis’ result of independent variables on the firm’s decision to dotransfer pricing in this study indicate that effective tax rate has no influence,tunneling incentive has a negative effect, and firm size has a positive effect.